Scroll to Top

Melacak Jejak Hobbit di Kabupaten Manggarai

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 19 Mar 2013

Liang-Bua

Pusat Penelitian Arkeologi Nasional bersama dengan Universitas New England di Australia, pernah menemukan sebuah jejak makhluk “hobbit” di salah satu wilayah Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT). Arkeolog mendapati beberapa fosil tubuh mirip hobbit yang di sekitarnya juga didapati peralatan untuk  dipakai sehari-hari.

Hobbit sering dikaitkan dengan film The Lord of The Rings karya Peter Jacson. Hobbit, salah satu kaum dalam cerita tersebut, adalah manusia masa kini yang memiliki tubuh kerdil. Tinggi hanya mencapai kurang lebih 1 sampai 1,5 meter. Begitu juga dengan temuan fosil di Goa Liang Bua, Dusun Rampasasa, Desa Liang Bua, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai tersebut, tubuhnya terlihat mungil.

Arkeolog memperkirakan fosil hobbit tersebut memiliki tinggi kisaran 100 centimeter dengan berat lebih kurang 25 kilogram. Volume otaknya sekitar 380 cc. Oleh arkeolog, fosil ini dinamakan Homo Floresiensis (Manusia Flores) yang diduga hidup pada 13 ribu tahun lalu, satu masa dengan Gajah Pigmi dan kadal raksasa.

Seperti dikutip Tourism News, kini Goa Liang Bua sudah menjadi salah satu tujuan wisata pendidikan yang juga dikenal dunia. Tingginya hanya 25 meter, dengan panjang 50 meter dan lebar 40 meter. Para ahli memperkirakan terjadinya goa ini karena adanya sedimentasi dari bebatuan yang terbawa arus sungai dan menembus bukit. Usianya diperkirakan sekitar 190 ribu tahun.

Untuk menuju ke sana, mungkin perlu perjalanan agak panjang. Dari Kota Kupang, Anda mesti menuju Ende. Perjalanan dilanjutkan ke Ruteng selama lebih kurang empat jam dan disambung perjalanan 13 kilometer ke Dusun Rampassa.

Sumber foto: Tripadvisorindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda