Share

Formula Anti Barcelona Sudah Ditemukan Real Madrid

Dalam lima El Clasico terakhir, Barcelona tak pernah menang dari Real Madrid. Hal ini jelas bukan sebuah kebetulan. Baik Bernd Schuster (mantan pelatih Real Madrid) dan Johan Cruyff (legenda Barcelona) mengisyaratkan, formula anti Barcelona sudah ditemukan Los Blancos. Benarkah demikian?

Jika dilihat, memang ada yang berubah di beberapa El Clasico terakhir. Real Madrid, yang dalam empat tahun lebih sering tumbang dari klub Catalan, berubah menjadi superior. Setelah sekian waktu, pertama kalinya, para pemain Barcelona ketakutan menjelang duel klasik antara dua tim terbaik Spanyol ini.

Bernd Schuster menyatakan kepada Marca, “Madrid sudah melakukan sebuah langkah penting untuk El Clasico. Madrid musim lalu menjadi juara Liga Spanyol, sementara Barcelona musim ini pasti meraih gelar (La Liga). Hal sebaliknya terjadi di Copa del Rey. Tapi, khusus tentang El Clasico, Madrid banyak belajar dari kekalahan mereka karena sekarang mereka menjadi pemenang.”

Schuster sendiri, tidak meremehkan Atletico, lawan yang akan dihadapi El Real di Copa del Rey 2013. Meskipun kurang diunggulkan, bukan berarti Rojiblancos tidak bisa menghadirkan partai seru. “Atletico telah menjalani musim luar biasa. Mereka masih bisa menjadi nomor dua. Dan hal itu akan memicu moral tim. Artinya, duel (Derby Madrid) di final akan luar biasa pula.

Senada dengan Schuster, Johan Cruyff, legenda Barcelona, juga memikirkan hasil yang didapatkan Barcelona di El Clasico. Menurut Cruyff dalam acara ‘El Partido de las 12′ di Cadena COPE, “Segalanya agak sulit dijelaskan. Sebelumnya, Barcelona membuktikan kehebatan mereka dengan menaklukkan Real Madrid dalam musim kemenangan mereka. Dan kini, hal sebaliknya terjadi.”

Nah, benarkah Real Madrid sudah menemukan formual anti Barcelona?