Scroll to Top

Liga Inggris: Bos Wigan Bela Callum McManaman

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 19 Mar 2013

McManaman-Massadio

Akhir pekan lalu, sebuah tekel mengerikan dilakukan oleh pemain Wigan Athletic, Callum McManaman, pada bek Newcastle United bernama Massadio Haidara. Meski banyak dikecam, pemilik Wigan, Dave Whelan, tetap membela anak asuhnya tersebut dengan mengatakan tekel yang dilakukannya bersih.

Haidara sejatinya datang sebagai pemain pengganti di menit 13 untuk mengisi posisi Mathieu Debuchy yang mengalami cedera. Sayang, ia berada di lapangan hanya sekitar 14 menit akibat tekel dari McManaman.

Awalnya banyak pihak menduga Haidara mengalami patah kaki. Tak terkecuali Whelan. Untungnya, Haidara dipastikan hanya akan absen sekitar dua minggu karenanya.

Anehnya, wasit Mark Halsey yang memimpin sama sekali tak meniup peluit tanda pelanggaran dan tak memberi McManaman kartu peringatan. Padahal tekel yang dilakukan McManaman terhitung kasar dan membahayakan Haidara.

“Pertama-tama, saya ingin mendoakan agar pemain Newcastle itu baik-baik saja. Kami mendengar ia hanya akan absen antara satu hingga dua pekan. Ia sudah fit untuk pertandingan berikutnya,” ujar Whelan.

“Kedua adalah, pemain kami hanya mengincar bola dan tekel yang ia lakukan bersih. Buktinya? Tak ada tiupan peluit dari wasit, bukan?”

Haidara-McManaman

Kejadian itu sedikit membawa memori Whelan kembali ke masa lalu. Saat dimana ia mengalami patah kaki di Final FA Cup 1960 saat membela Blackburn Rovers.

“Ya, tekel itu mengingatkan saya akan kejadian yang saya alami. Situasinya sama, ada dua pemain berebut bola. Saat Callum melakukannya saya berpikir agar tak ada kejadian seperti itu lagi.”

“Jika ia sampai mematahkan kaki Haidara, tentu kami akan meminta maaf pada mereka. Namun apa yang dilakukan Callum cukup bersih dan kami tak harus mengucapkan permintaan maaf.”

“Sepakbola adalah olahraga pria dan berlangsung keras!” tutup Whelan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda