Scroll to Top

Hibaku Jumoku, Pepohonan yang Menjadi Saksi Bom Atom Hiroshima

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 19 Mar 2013

a-bomb

Ada saksi sejarah bisu yang masih hidup sampai sekarang terkait peristiwa bom atom di Hiroshima, Jepang, pada 6 Agustus 1945 silam. Dia adalah Hibaku Jumoku, yaitu pepohonan yang selamat dalam bom penuh radiasi nuklir itu. Awalnya pepohonan tersebut memang rusak dan hangus. Namun, mereka mampu mempertahankan hidupnya sampai sekarang atau sudah 67 tahun lebih beradaptasi dari radiasi.

Secara teori, paska jatuhnya bom atom akan membuat tanah Hiroshima mandul dan tidak dapat ditanami sampai 75 tahun. Namun teori tersebut sepertinya “tidak disetujui” oleh alam. Pasalnya, musim semi berikutnya sudah terlihat tunas-tunas tanaman yang tumbuh di antara puing-puing kota.

atom

Buktinya lagi, kini Hiroshima menjadi kota modern nan hijau. Banyak pepohonan baru, yang merupakan hadiah dari berbagai negara untuk menghidupkan lagi kota hijau Hiroshima. Ditambah lagi, jumlah Hibaku Jumoku atau juga disebut pohon A-bomb, sekitar 170 pohon yang berasal dari 32 spesies berbeda.

Seperti dikutip dari Amusing Planet, salah satu pohon yang paling dekat dengan titik jatuhnya bom adalah Willow Weeping. Jaraknya dengan ledakan hanya 370 meter. Pohon tersebut sangat rusak bagian tubuh. Hanya saja, dia punya akar yang masih berfungsi dan tunas yang masih di dalam tanah selamat. Akhirnya, pohon tersebut berdiri kokoh kembali dan terletak di dekat Seishonen dan Stadion Baseball.

Keberadaan pohon A-bomb atau Hibaku Jumoku dilindungi oleh Pemerintah Jepang. Benih dan bibit yang muncul dari pohon A-bomb turut dibagikan bagi orang Jepang maupun orang asing yang berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda