Scroll to Top

Kone Persisam & Beto Arema Jadi Pemain Terbaik ISL

By Agus Prasetyo / Published on Tuesday, 19 Mar 2013

Indonesian Super League (ISL) memberikan predikat pemain terbaik bulan Januari & Februari 2013, kepada dua pemain asing. Mereka adalah Lancine Kone dari Persisam dan Beto Gonzalves dari Arema.

Pemilihan pemain terbaik ini dilakukan oleh tim Technical Study Group (TSG), yang dibentuk oleh PT Liga Indonesia.

TSG sendiri merupakan bagian dari High Performance Grup (HPG) yang bertugas untuk menganalisa secara teknis, seluruh pertandingan ISL dan juga menentukan individu yang layak mendapat penghargaan.

Sementara itu tim ini sendiri, terdiri dari Joppie Lepel, Yeyen Tumena, Demis Djamaoeddin, dan Tommy Welly.

Setelah melakukan pembahasan dan diskusi mendalam selama tiga pekan terakhir, tim TSG telah menentukan pemain terbaik, pelatih terbaik dan best eleven untuk bulan Januari – Februari.

“Kita melakukan diskusi secara komperehensif dengan mempertimbangan banyak hal dalam penilaian. Untuk player of the month kriterianya dilihat dari produktivitas gol, catatan hattrick, konsistensi permainan dalam sebulan, statistik, minute of play, handicap game, bobot lawan, dan fair play” ungkap Tommy Welly, seperti yang dilansir situs resmi Liga Indonesia.

Untuk kategori Player of The Month bulan Januari 2013, penghargaan sebagai yang terbaik jatuh kepada pemain asal Persisam Putra Samarinda Lancine Kone.

“Dua nominasi akhir Pemain Terbaik bulan Januari adalah Lancine Kone dan Cristian Gonzales. Di bulan itu keduanya sama-sama mencetak 4 gol, namun Kone unggul dalam beberapa kriteria lainnya.

“Diantaranya Kone mampu mencetak dua gol di laga away, sedangkan gol Gonzales seluruhnya tercipta di kandang sendiri. Kone juga bersih dari hukuman Kartu Kuning” tambah Tommy.

Sedangkan untuk penghargaan Player of the Month bulan Februari 2013, diberikan kepada Alberto Goncalves dari Arema Indonesia.

Striker asal Brasil itu menyingkirkan dua nominasi kuat lainnya yang tampil bagus di bulan Februari, yakni Cristian Gonzales dan Boaz Salossa.

Untuk kategori pelatih Sartono Anwar terpilih sebagai pelatih terbaik pada bulan Januari 2013.

Pada bulan ini Sartono bersaing ketat dengan pelatih Mitra Kukar, Stefan Hansson. Namun, Sartono lebih unggul dalam pemenuhan kriteria yang ditetapkan.

“Ada empat kriteria utama untuk pelatih terbaik. Kita menilainya dari patron permainan, hasil pertandingan, skuad yang dimiliki dan Demand of the Game, seperti strategi, dan peran pelatih dalam mengubah permainan” jelas Tommy Welly.

Sementara untuk penghargaan Coach of The Month bulan Februari, penghargaaan diberikan kepada Rahmad Darmawan dari Arema.

Pelatih yang kini menangani Timnas Indonesia untuk laga melawan Arab Saudi ini, mengalahkan dua pesaing kuatnya di bulan Februari yakni Stefan Hansson dan Jacksen F Tiago.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda