Scroll to Top

Timnas Indonesia Harus Waspada, Pelatih Arab Saudi Pernah Tangani Real Madrid!

By Agus Prasetyo / Published on Tuesday, 19 Mar 2013

Timnas Indonesia akan menghadapi Arab Saudi pada pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2015 Grup C, di Stadion Utama Gelora Bung Karno 23 Maret 2013. Sebagai calon lawan, Arab Saudi memang salah satu tim yang difavoritkan untuk lolos dari grup maut ini.

Untuk lebih jauh mengenal kekuatan sang lawan, mari kita lihat siapakah sosok Juan Ramon Lopez Caro yang kini menjadi pelatih Arab Saudi.

Lopez Caro merupakan salah satu pelatih asal Spanyol yang berpengalaman. Karier kepelatihannya mulai melonjak ketika menangani tim junior Real Mallorca pada 1999 hingga 2001.

Dirinya kemudian dipercaya melatih tim Real Madrid junior atau Castilla pada tahun 2001 hingga 2005 silam.

Momen penting Lopez Caro di dunia kepelatihan terjadi pada 4 Desember 2005. Ketika itu Lopez Caro ditunjuk sebagai tim utama Real Madrid menggantikan Vanderlei Luxemburgo yang dipecat.

Setengah musim melatih Zinedine Zidane dan kawan-kawan, Lopez Caro berhasil membawa Madrid menempati peringkat kedua La Liga di bawah Barcelona.

Setelah dilepas Madrid di akhir musim 2005/2006, Lopez Caro terus berkarier di La Liga hingga 2008 bersama Racing Santander, Levante dan Celta Vigo.

Pada kurun waktu tahun 2008 hingga 2010, Lopez Caro dipercaya menangani timnas Spanyol junior U-21.

Pada 2010 Lopez Caro menjadi pelatih dengan bayaran tertinggi dalam sejarah sepakbola Romania, ketika dipinang Vaslui.

Namun Lopez Caro hanya bertahan satu musim di Vaslui. Pada Januari 2012 Federasi Sepakbola Arab Saudi (SAFF) meminang Lopez Caro sebagai direktur teknik.

Satu tahun kemudian Lopez Caro menggantikan posisi Frank Rijkaard yang gagal mengangkat prestasi timnas Arab Saudi.

Di bawah penanganan Lopez Caro, Arab Saudi baru bermain dua kali. Debut Lopez Caro terjadi ketika Arab Saudi mengalahkan China 2-1 pada laga pertama Grup C Pra Piala Asia 2015.

Dan Minggu 17 Maret 2013 lalu, Arab Saudi sukses melumat Malaysia 4-1 sebagai persiapan jelang menghadapi Indonesia akhir pekan ini.

Lantas apakah trend positif Lopez Caro bersama Arab Saudi bisa dipatahkan oleh skuad Garuda 23 Maret 2013 mendatang? Patut untuk ditunggu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda