Share

Barcelona Adalah Lionel Messi, Lionel Messi Adalah Barcelona

Barcelona adalah Lionel Messi, dan Lionel Messi adalah Barcelona. Kita bisa mengatakan hal ini dari yang terjadi pada King Leo sepanjang musim ini di Liga Spanyol. Total, Leo Messi sudah mengemas 42 gol. Dan, 21 di antaranya berasal dari assist para punggawa Barcelona lainnya. Yang unik, 21 assist itu disodorkan oleh 12 pemain klub Catalan.

Lionel Messi adalah pusat serangan Barcelona. Hal ini sudah merupakan cerita lama. Dengan skema False Nine yang ditemukan Pep Guardiola, keakuratan dan ketajaman Lionel Messi dijadikan senjata ampuh untuk membobol gawang lawan. Statistik di La Liga pun sepakat dengan hal itu.

Ada yang berkata, Messi bisa mencetak gol karena Xavi Hernandez dan Andres Iniesta. Kenyataannya tidak selalu tepat demikian. Dari 42 gol yang dibuat King Leo di liga domestik, 21 di antaranya berasal dari umpan rekan-rekannya. Yang unik, Iniesta hanya memberikan 4 assist untuk Si Nomor 10. Sementara itu, Xavi cuma menyodorkan 2 assist. 15 assist lain, diberikan oleh 10 pemain Barcelona dari berbagai posisi.

Misalnya, Alexis Sanchez. Meskipun ia dianggap kurang benderang, pria Chili ini sudah menyodorkan 3 assist untuk Messi. Pria lain yang berasal dari sektor penyerang Barca yang berandil pada gol Messi adalah: David Villa (1 assist), Pedro Rodriguez (1 assist), dan Cristian Tello (2 assist).

Barisan tengah tak mau kalah. Thiago Alcantara sudah menyodorkan 1 assist. Sementara rekan masa muda King Leo, Ces Fabregas memberi 2 assist.

Prajurit dari lini belakang juga berperan pada kesaktian kapten Argentina. Martin Montoya, Adriano, dan Dani Alves memberikan 1 assist. Sementara itu, Jordi Alba menyumbangkaan 2 assist.

Artinya, melihat banyaknya pemberi assist kepada King Leo, yang berasal dari hampir semua posisi (kecuali gelandang bertahan dan dua bek tengah), layaklah kita berkata saat ini: Barcelona adalah Lionel Messi dan Lionel Messi adalah Barcelona.