Scroll to Top

Twitter Resmi Dapatkan Paten

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 20 Mar 2013

Twitter Laptop

Twitter akhirnya resmi mematenkan produknya. Namun anehnya, paten ini hanya terdaftar bagi dua pendiri Twitter saja, Jack Dorsey dan Biz Stone. Tak ada nama Evan William.

Kantor Paten AS telah memberikan paten pada dua pendiri Twitter Jack Dorsey dan Biz Stone atas layanan yang mereka daftarkan. Pada tahun 2007 lalu mereka menyebutnya dengan ‘platform perangkat pesan distribusi independen’.

Dengan demikian Twitter miliki kedudukan hukum yang cukup kuat sebagai barikade pertahanan untuk menangkal pihak-pihak yang mencoba ‘mencuri’ idenya. Meski Twitter tidak pernah memersalahkan untuk itu.

Paten Twitter yang terdaftar nomor 8.401.009, seperti dikutip dari The Next Web Rabu (20/03/13) tertulis sebagai berikut:

“Sebuah sistem (dan metode) untuk perangkat independen satu ke lainnya secara tertutup. Sistem dikonfigurasi untuk menerima pesan yang ditujukan kepada satu atau lebih pengguna, misalnya, Short Message Service (SMS), Instant Messaging (IM), email, web form input, atau Application Program Interface (API),” sedikit nukilan paten tersebut.

Musim semi lalu Twitter meluncurkan ‘Perjanjian Paten Inovator’. Perjanjian ini menetapkan aturan untuk memastikan bahwa pekerjaan yang dibuat oleh pengembang dan desainer tetap di tangan penciptanya.

Dalam sebuah post yang ditulis oleh CTO Twitter Adam Messingeria, ia menulis jika Twitter hanya akan memanfaatkan paten untuk ‘tujuan murni defensif’. Tersiar kabar paten Twitter ini sejurus dengan keinginan perusahaan dalam melantai bursa (IPO).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda