Scroll to Top

BlackBerry 10 Tak Cukup Aman Bagi Pemerintah Inggris

By Ditya / Published on Wednesday, 20 Mar 2013

BlackBerry Z10

Meski BlackBerry fokus pada pengembangan sistem keamanan, tapi sistem operasi BlackBerry 10 ternyata masih dianggap tak cukup aman bagi pemerintah Inggris. Computer Experts Security Group (CESG) milik pemerintah Inggris telah menganggap bahwa sistem operasi BlackBerry 10 tidak cukup aman untuk data sensitif milik pemerintah Inggris.

BlackBerry sendiri sebelumnya telah lolos dari sertifikasi CESG yang cukup ketat. Sayangnya, sistem operasi BlackBerry yang terbaru, yakni BlackBerry 10 belum dianggap cukup aman untuk digunakan oleh pemerintah Inggris. Hal ini berdampak pada BlackBerry Z10 & BlackBerry Q10 yang jelas tak akan dipakai oleh pemerintah Inggris.

“Kami memiliki hubungan terbentuk cukup lama dengan CESG dan kami tetap satu-satunya menjadi solusi ponsel disetujui untuk digunakan di ‘Restricted‘ jika dikonfigurasi sesuai dengan pedoman CESG. Tingkat persetujuan hanya datang mengikuti proses yang ketat dan mutlak diperlukan mengingat sifat sangat rahasia dari komunikasi yang ditransmisikan.”

“Kami terus bekerja sama dengan CESG untuk persetujuan BlackBerry 10 dan kami yakin bahwa BlackBerry 10 hanya akan memperkuat posisi kami sebagai solusi mobile pilihan bagi pemerintah Inggris,” kata perwakilan dari BlackBerry.

BlackBerry memang sebenarnya memang tumbuh dari pasar enterprise dan instansi pemerintahan karena berbagai fitur yang mendukung bisnis dan keamanan yang cukup tinggi. Namun, saat ini posisi BlackBerry di pasar corporate mulai digeser oleh Apple iPhone 5 dan perangkat Android.

Seperti yang dilansir dari CNET (19/03/2013), banyak lembaga pemerintahan di berbagai negara yang sebelumnya menggunakan perangkat BlackBerry dan kemudian menggantinya dengan iPhone 5 atau Android, sebut saja Departemen Pertahanan & Lembaga Imigrasi dan Bea Cukai AS.

Meski demikian, BlackBerry tak menyerah begitu saja untuk merebut pasarnya kembali di kelas corporate. Beberapa waktu lalu BlackBerry berhasil merebut kepercayaan pemerintah Jerman untuk menggunakan perangkat BlackBerry 10.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda