Scroll to Top

PSSI Pecah? Djohar Arifin Ngotot Timnas Indonesia Tetap Dilatih Blanco

By Aditya / Published on Wednesday, 20 Mar 2013

KLB pssi djohar la nyalla

Usai Kongres Luar Biasa (KLB), PSSI justru dilanda ancaman perpecahan. Hal itu bermula dari pendepakan Luis Manuel Blanco dari jabatan pelatih kepala Timnas Indonesia dan kemudian digantikan oleh duet Rahmad Darmawan dan Jacksen F. Thiago. Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin Husin, tidak terima dengan keputusan tersebut dan menginginan agar Blanco tetap memimpin Timnas Indonesia.

Kepada Sekjen PSSI, Hadiyandra, Djohar Arifin Husin, meminta agar Badan Tim Nasional (BTN) mempertahankan posisi Luis Manuel Blanco sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia.

“Saya meminta BTN tetap pertahankan coach (Luis) Manuel Blanco tetap sebagai headcoach. Kita punya rencana besar untuk meningkatkan prestasi timnas, bukan saja untuk bisa juara ASEAN, tetapi juga harus bisa bicara di tingkat Asia. Untuk itulah diperlukan coach sekelas Blanco,” tulis Djohar Arifin Husin.

“Rencana memasukan nama coach Rahmad Darmawan (RD) belum pernah dikonsultasikan kepada saya, tahu-tahu nama coach RD sudah didaftarkan ke AFC, sedangkan coach Blanco yang menangani timnas. Sangat riskan menggantikan pelatih dalam waktu hitungan hari untuk bertanding. Saya melihat ada orang yang mencampuri masalah teknis. Ini sangat tidak bagus,” lanjutnya.

Menurut Djohar Arifin Husin, penunjukan Luis Manuel Blanco bukannya tanpa alasan karena demi menunjang prestasi Timnas Indonesia. Djohar Arifin juga mengingatkan agar harmonisasi di skuat timnas jangan diusik lagi.

“Kita punya rencana besar mempersiapkan timnas agar berprestasi di tingkat Asia. Pra Piala Asia melawan Saudi Arabia bukanlah segala-galanya, jadi tak perlu dirusak program ini. Saya bersusah payah memasukkan coach Blanco untuk pegang timnas, tetapi kok begitu mudahnya menyingkirkannya,” keluh Djohar Arifin.

“Harap bicarakan serius sebelum terjadi hal- hal yang tidak bagus dari kejadian ini. Suasana bagus kebersamaan saat ini jangan diganggu lagi,” tukasnya.

Di sisi lain, La Nyalla Mattalitti yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI cenderung setuju dengan penggantian Luis Manuel Blanco. Menurutnya, Blanco memang seharusnya diganti karena telah memantik polemik di pelatnas Timnas Indonesia.

“Ini demi Merah Putih. Dengan terpaksa, Blanco masih belum bisa dipakai dulu,” tukas mantan dedengkot KPSI ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda