Scroll to Top

Samsung Galaxy S4 Libas iPhone 5, HTC One & Nexus 4 Soal Adu Kencang

By Ditya / Published on Wednesday, 20 Mar 2013

gs4_vs_iphone5

Samsung Galaxy S4 yang baru saja meluncur ini ternyata mampu melibas para pesaingnya untuk urusan performa dan adu kencang di benchmark Geekbench 2. Tak tanggung-tanggung, smartphone flagship seperti iPhone 5, HTC One, LG Nexus 4, dan BlackBerry Z10 mampu dilibas oleh Galaxy S4.

Samsung Galaxy S4 sendiri ditenagai oleh dua varian chipset, yakni Qualcomm Snapdragon 600 quad-core Krait 300 dengan kecepatan 1,9GHz yang dipadukan dengan grafis dari Adreno 320 dan Samsung Exynos 5410 Octa 8-core dengan kecepatan 1,6GHz dengan grafis dari PowerVR SGX. Keduanya dibekali dengan memori RAM sebesar 2GB.

Pada benchmark yang dilakukan kali ini, Samsung Galaxy S4 yang digunakan ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 600, bukan Samsung Exynos Octa. Meski demikian, skor yang dihasilkan cukup tinggi, yakni 3163, mengalahkan  iPhone 5, HTC One, LG Nexus 4, dan BlackBerry Z10.

Geekbench SGS4 iPhone

HTC One sendiri hanya membukukan skor 2687 saja dan menempati posisi kedua, meski sama-sama ditenagai oleh chipset Snapdragon 600, tapi kecepatan prosesor HTC One 1,7GHz yang notabene lebih rendah dari Galaxy S4 membuatnya lebih inferior.

Posisi ketiga ditempati oleh LG Nexus 4 yang menggunakan dapur pacu chipset Snapdragon S4 Pro dengan kecepatan yang lebih rendah dari HTC One dan Galaxy S4, yakni 1,5GHz saja.

Sedangkan iPhone 5 hanya mampu membukukan skor 1596 saja, setengah dari skor Samsung Galaxy S4. Hal ini wajar mengingat dapur pacu Apple iPhone 5 masih mengandalkan prosesor Apple A6 yang merupakan prosesor dual-core, sedangkan Galaxy S4, HTC One, dan Nexus 4 sudah berbekal prosesor quad-core.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (20/03/2013), skor yang dihasilkan dari software pengukur performa atau benchmark seperti Geekbench 2 ini memang belum menjamin performa real-world aplikasi, hanya sebagai gambaran raw performance dari masing-masing chipset yang digunakan smartphone tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda