Scroll to Top

Timnas Indonesia: RD Pilih Pemain Berdasarkan Kebutuhan Tim

By Aditya / Published on Wednesday, 20 Mar 2013

Rahmad Darmawan

Pelatih sementara Timnas Indonesia, Rahmad Darmawan (RD) yang didampingi oleh Jacksen F. Thiago, menyatakan bahwa pemilihan pemain yang akan memperkuat skuat Garuda sama sekali tidak dipengaruhi oleh faktor luar, melainkan didasarkan pada kebutuhan tim. Coach RD menegaskan, ia tidak melihat dari mana pemain tersebut berasal. Jika dinilai layak dan sesuai dengan kebutuhan, pemain mana pun akan lolos seleksi Timnas Indonesia.

”Saya tidak melihat mereka (pemain) berasal dari mana. Saya memilih berdasarkan kebutuhan tim,” tandas RD di Jakarta belum lama ini.

Seperti dikabarkan sebelumnya, dari 28 pemain yang lolos seleksi Timnas Indonesia, hanya ada 3 pemain yang berasal dari kompetisi Indonesia Premier League (IPL), yakni duo Persebaya Surabaya, Andik Vermansyah dan Taufiq, serta pemain asal Papua yang kini memperkuat Semen Padang, Titus Bonai atau yang akrab dipanggil Tibo.

Selebihnya adalah para pemain yang dari Indonesia Super League (ISL), seperti Boaz Solossa, Kurnia Meiga, Hamka Hamzah, Victor Igbonefo, Ponaryo Astaman, Ahmad Bustomi (Mitra Kukar), Firman Utina, Sergio van Dijk, Greg Nwokolo, dan lain-lain. Selain itu, terdapat pula Raphael Maitimo dan Irfan Bachdim yang kini bermain di Thailand bersama Chonburi FC.

Sedangkan Stefano Lilipaly tidak lolos seleksi karena masih bermasalah dengan urusan administrasi. Begitu pula dengan pemain naturalisasi lainnya, Diego Michiels, yang terdepak lantaran kondisi fisiknya tidak memenuhi syarat.

Rahmad Darmawan mengakui bahwa dirinya sempat mendengar adanya permintaan dari pihak-pihak tertentu mengenai komposisi skuat Timnas Indonesia. Namun, sekali lagi, ia menegaskan bahwa hanya pemain yang dinilai layak dan sesuai kebutuhan tim yang akan dipilihnya masuk ke skuat Garuda.

“Sebelumnya saya mendengar ada keinginan untuk menyusun komposisi pemain 50:50 dari LSI (Liga Super Indonesia) dan LPI (Liga Primer Indonesia). Menurut saya itu berpulang kepada independensi pelatih,” kata RD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda