Scroll to Top

Salamadra Robotica II, Robot Salamander Melata yang Bisa Berenang

By Ditya / Published on Wednesday, 20 Mar 2013
Salamandra Robotica II
Salamandra Robotica II

Sebuah robot yang meniru kemampuan salamander telah berhasil dikembangkan, yakni Salamandra Robotica II yang memiliki kemampuan untuk melata dan berenang. Sebelum hadirnya Salamandra Robotica II, telah hadir Salamandra Robotica pada tahun 2007 dan Salamandra Robotica II adalah pengembangan dari robot salamander tersebut.

Robot salamander Salamandra Robotica II ini dikembangkan oleh Laboratorium Biorobotics di École Polytechnique Fédérale de Lausanne technical university yang berlokasi di Swiss. Layaknya seekor salamander, robot Salamandra Robotica II ini memiliki kemampuan untuk merangkak dan berenang ini membuatnya unik di dunia robotika.

Sekilas, tampilan luar robot Salamandra Robotica II ini hanya seperti blok yang disusun membentuk barisan mirip ular dan dilengkapi empat kaki dan sebuah ekor. Dibandingkan dengan Salamandra Robotica yang meluncur tahun 2007, Salamandra Robotica II mengalami peningkatan kecepatan mikro kontroler yang mampu mensimulasikan otot.

Salamandra Robotica II front

Tak hanya itu, Salamandra Robotica II ini juga mampu berenang dua kali lebih cepat ketimbang Salamandra Robotica generasi pertama dan memiliki tungkai berdesain lipat.

Robot Salamandra Robotica II ini bisa disebut dengan robot amfibi, karena dapat ‘hidup’ di dua alam. Salamandra Robotica II menggunakan jaringan urat syaraf tulang belakang versi digital untuk menngontrol gerakan merangkak dan berenang.

Seperti yang dilansir dari CNET (19/03/2013), hal yang unik dari Salamandra Robotica II ini adalah kemampuannya melakukan transisi gerakan dari berenang di air kemudian merangkak di tanah atau sebaliknya. Kemampuan transisi gerakan pada robot Salamandra Robotica II ini membantu peneliti untuk memahami gerakan salamander.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda