Scroll to Top

Barcelona Hanya Bisa Dikalahkan Oleh … Barcelona Sendiri

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 21 Mar 2013

Barcelona Hanya Bisa Dikalahkan Oleh ... Barcelona Sendiri 2

Barcelona saat ini memuncaki klasemen sementara Liga Spanyol dengan perbedaan 13 angka dari Real Madrid. Tidak ada yang bisa mengalahkan jumlah angka mereka saat ini (74 poin di pekan ke-28) kecuali … Barcelona sendiri, pada era Pep Guardiola.

Dalam 10 tahun terakhir, Barcelona memiliki rata-rata meraih 63,6 poin pada pekan ke-28. Prestasi terjelek sepanjang satu dasawarsa terakhir, terjadi pada musim 2003/2004. Ketika itu El Barca hanya duduk di peringkat ketiga dengan 52 poin.

Sementara itu, musim ini, Klub Catalan sudah mengumpulkan 74 poin. Hasil dari 24 kemenangan, 2 hasil seri, dan 2 kekalahan. Cuma Real Sociedad dan Real Madrid yang bisa menumbangkan Lionel Messi dkk. Sementara, satu-satunya tim yang tak bisa dikalahkan kubu Camp Nou, adalah Los Blancos. Ya, dalam dua pertemuan di La Liga, Barca sekali imbang (2-2 di Camp Nou) lalu tumbang di Santiago Bernabeu oleh tim ‘B’ Real Madrid dengan skor 2-1.

Bicara sejarah, Barcelona musim ini, cuma bisa dilewati oleh Barcelona era Pep Guardiola. Tepatnya, pada musim 2010-2011. Kala itu, hingga pekan 28 bergulir, klub Catalan berhasil menuai 75 poin. Alias, satu angka lebih banyak daripada musim ini. Barcelona musim 2010-2011 sendiri, mengakhiri kompetisi dengan mengumpulkan 96 angka.

Bahkan, Real Madrid yang musim lalu memecahkan rekor sebagai tim dengan raihan poin terbanyak dalam semusim (100 poin), pada pekan 28 musim 2011-2012 hanya mengumpulkan 74 angka. Alias setara dengan Barca di musim pertama era kepelatihan Tito Vilanova.

Barcelona dan Bayern Munchen Lebih Superior dari Real Madrid

Nah, bicara target, ada dua catatan yang mesti dilampaui Barca musim ini. Pertama, memecahkan rekor yang dibuat Pep Guardiola pada musim 2008-09. Ketika itu, Barca yang dipimpinnya berhasil mengoleksi 99 poin. Hingga kini, inilah catatan terbaik Barcelona sepanjang masa.

Andai bisa melewati catatan ini, kubu Camp Nou bisa membidik rekor lain. Tak lain tak bukan adalah rekor Real Madrid musim lalu (100 poin dalam semusim).

Jika menggunakan logika, masih ada 30 poin dari 10 pertandingan yang mungkin didapatkan Barcelona hingga akhir musim. Artinya, kemungkinan Lionel Messi dkk. bisa menggenggam 104 poin Barca masih boleh kalah sekali asal mampu menyapu habis kemenangan di sembilan pertandingan lain hingga menggenggam 101 poin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda