Scroll to Top

Arema ISL Semakin Mematangkan Taktik & Strategi

By Agus Prasetyo / Published on Thursday, 21 Mar 2013

Arema yang berlaga di Indonesian Super League (ISL), hingga kini terus mematangkan strategi & Taktik. Hal itulah yang terjadi dalam latihan di Stadion Gajayana, Rabu (20/3/2013) pagi.

Strategi dan taktik ini dimatangkan dalam internal game. Karena pelatih Rahmad Darmawan sedang fokus menangani Timnas Indonesia, maka sesi latihan ditangani oleh asisten pelatih Satia Bagja.

Dalam latihan itu, Satia Bagja membagi anak asuhnya dalam dua tim yang saling berhadapan. Satu tim terdiri dari pemain inti dan tim lain diperkuat pemain cadangan.

Dalam internal game ini, Satia minta anak asuhnya bermain dengan bola pendek. Bola harus mengalir dari bawah ke tengah dan dilanjutkan ke depan.

Latihan ini untuk memaksimalkan pemain gelandang. Menurutnya, gelandang harus selalu bergerak dan tidak boleh hanya berdiam diri di tempat.

Setelah mendapat bola, pemain gelandang harus memberikan ke striker atau mengembalikan ke belakang.

Diakuinya jika pemain gelandang mudah panik ketika mendapat bola, makanya kadang bola langsung dilempar terlalu jauh.

“Kalau bola sudah dilempar jauh, lawan mudah menyerang. Bola harus tetap mengalir dari bawah ke tengah lalu ke atas” jelas Satia usai latihan.

Dengan mengoptimalkan peran gelandang, dirinya yakin tim yang bermarkas di Stadion Kanjuruhan ini mudah memetik kemenangan.

Tapi bukan berarti pemain hanya bermain dengan bola pendek. Menurutnya, pemain tetap bisa mengumpan bola ke pemain lain yang berada di jarak jauh.

“Kalau memang ada celah, tidak masalah melakukan itu” tambah Satia.

Satia juga mengakui jika strategi juga ditentukan dengan lawan yang akan dihadapi, tapi tim tetap harus memiliki ciri khas sendiri. Biasanya tim lawan akan mempertimbangkan ciri khas yang akan dihadapi dalam pertandingan.

“Kalau sudah ada ciri khas, baru pikirkan lawan. Kita jangan terlalu mengkultuskan lawan” tutup Satia.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda