Scroll to Top

Samsung Galaxy S4: Biaya Produksi & Komponen Hanya Sekitar Rp 2,3 Juta

By Ditya / Published on Thursday, 21 Mar 2013

Galaxy S4 bongkar

Samsung Galaxy S4, smartphone terbaru penerus Galaxy S3 ini diperkirakan hanya memakan biaya produksi dan komponen sekitar US $244 atau sekitar Rp 2,3 jutaan saja, menurut IHS iSuppli. Meski demikian, harga produksi dan komponen Samsung Galaxy S4 ini lebih mahal dibandingkan BlackBerry Z10 dan iPhone 5 yang berada di kisaran Rp 1,5 jutaan saja.

Bagaimana sebuah smartphone Galaxy S4 hanya memakan biaya produksi dan komponen sekitar Rp 2,3 jutaan saja? Berikut hasil penelusuran biaya per komponen yang dilakukan oleh firma IHS iSuppli, sebuah perusahaan yang juga merilis biaya produksi dan komponen iPhone 5 dan BlackBerry Z10.

Samsung Galaxy S4 mengusung layar berukuran 4,99 inci Super AMOLED touchscreen dengan resolusi 1920 x 1080 piksel beserta subsistemnya diperkirakan memakan biaya sekitar $75, naik $10 dari Galaxy S3 yang diperkirakan sekitar $65 saja.

Sedangkan untuk dapur pacu, Samsung Galaxy S4 menggunakan Exynos 5 octa yang mengusung 8 core prosesor yang terdiri dari quad-core ARM Cortex-A15 dan quad-core Cortex-A7. Chip Exynos 5 Octa ini diperkirakan memakan biaya sekitar $30. Sedangkan untuk Galaxy S4 varian Snapdragon 600 diperkirakan memakan biaya $20.

Sedangkan biaya untuk komponen berupa sensor yang terdiri dari accelerometer, giroskop, barometer, IR sensor, sensor cahaya, geomagnetik, suhu, dan sensor lainnya mencapai $16. Biaya komponen nirkabel seperti dukungan baseband dan LTE diperkirakan mencapai $25.

Seperti yang dilansir dari Slashgear dan IHS iSuppli (20/03/2013), selain komponen yang sudah disebutkan diatas, Samsung diperkirakan juga memasok komponen yang dapat diproduksi sendiri seperti chip memori SDRAM, NAND flash dan beberapa komponen lain buatan Samsung di Galaxy S4 ini diperkirakan mencapai $149.

Total biaya produksi dan komponen yang digunakan untuk menghasilkan sebuah Galaxy S4 mencapai $244 atau sekitar Rp 2,3 jutaan menurut iSuppli. Biaya ini diluar biaya desain, pengembangan perangkat lunak, dan biaya riset.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda