Scroll to Top

1 dari 2 Netizen Tak Butuh Dokter, Mereka Lebih Percaya Google

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 21 Mar 2013

Pasangan Laptop

Menurut sebuah studi terbaru, 51% netizen memilih online untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Mereka ‘lebih percaya’ Google daripada dokter. Sedangkan sisanya, 23% mencari informasi ke media dan 22% meminta pendapat ahli kesehatan.

Studi ini dilakukan oeh Goodness Wholegrain di Inggris. Tercatat 1 dari 2 orang lebih gemar berselancar di dunia maya untuk menggali informasi tentang gaya hidup, tips gizi, dan terkait dengan hal medis lainnya. Dan hanya 18% yang sharing pengalaman dengan teman terdekat.

Tentu saja budaya medis daring ini membawa perubahan ke gaya hidup seseorang. Misalkan saja bagi wanita, melihat foto dirinya yang kurang ‘wah’ atau tak menarik di internet akan membuat perubahan dalam gaya hidupnya.

Namun belum tentu semua sepakat dengan apa yang disarankan Google. Mereka yang kurang mengerti tentang hal medis, 19% mengaku tak tahu bagaimana diet sehat dan apa manfaat buah dan sayuran segar.

Di usia 55 tahun ke atas, masih menurut penelitian ini, pengetahuan medis pria umumnya lebih payah daripada wanita. Di usia lebih muda pun demikian. 56% usia 25 hingga 34 tahun memilih online dan 16% berkonsultasi ke dokter.

Azimina Govindji, seorang pakar ahli gizi mengatakan jika ada sebuah resiko jika tak memeroleh informasi medis secara tepat. Kepada Daily Mail ia berujar, masyarakat sesungguhnya membutuhkan nasehat yang benar.

“Mereka mengandalkan teknologi (internet) daripada dokter atau ahli gizi. Sangat penting menerima informasi yang akurat, aman, dan idiealnya miliki bukti,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda