Scroll to Top

AMD Gandeng Aviary Optimalkan Kinerja APU untuk Edit Foto di Windows 8

By Ditya / Published on Thursday, 21 Mar 2013

AMD APU

Advanced Micro Device (AMD) menggandeng Aviary untuk mengoptimalkan kinerja APU (Accelerated Processing Unit) untuk edit foto di Windows 8. AMD sendiri telah secara resmi mengumumkan kerjasama dengan Aviary dengan investasi yang dilakukan melalui AMD Ventures untuk pengembangan SDK (Software Development Kit) Aviary di Windows 8.

Dengan dukungan kerjasama dengan AMD, Aviary dapat mengoptimalkan SDK untuk Windows 8 dengan memanfaatkan arsitektur unik dari produk AMD APU. APU sendiri adalah produk AMD yang menggabungkan prosesor (CPU) dan grafis (GPU) dalam sebuah chip tunggal.

Aviary sendiri telah merilis aplikasi Windows 8 pertama melalui toko aplikasi Windows Store yang menggunakan SDK Aviary untuk Windows 8. Aplikasi Photo Editor besutan Aviary ini telah dioptimalkan untuk arsitektur AMD APU dan mampu memroses rangakaian efek dan filter secara instant dengan kecepatan 16 kali lipat dibandingkan prosesor lain dikelasnya.

SDK terbaru Aviary ini juga ditawarkan pada pengembang aplikasi agar dapat mengembangkan aplikasi foto editor yang sederhana tapi memiliki kemampuan yang cukup powerfull. Aviary sendiri saat ini telah memiliki sekitar 35 juta pengguna dan lebih dari 3500 mitra.

Lalu, bagaimana bisa optimalisasi kinerja APU AMD pada aplikasi besutan Aviary mampu meningkat hingga 16 kali lebih cepat? Aviary mengimplementasikan bahasa pemrograman baru, yakni heterogeneous compute C++ AMP yang mampu memanfaatkan grafis yang terdapat dalam APU untuk melakukan kalkulasi, sehingga tercapai peningkatan kinerja hingga 11 kali lipat.

“Aviary menjadi standar dalam mengedit foto mobile dan online dengan lebih dari 3 miliar foto diedit sejauh ini. Dengan membawa Aviary ke Windows 8, maka memungkinkan miliaran foto berikutnya ke perangkat yang lebih luas.”

“AMD berkomitmen untuk mendukung masa depan industri inovator seperti Aviary melalui investasi oleh AMD Ventures dan dengan meningkatkan pengalaman pengguna platform APU,” kata Manju Hedge, petinggi AMD, seperti yang dilansir dari Xbitlabs (20/03/2013).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda