Scroll to Top

Lihat Trailer Film Dari DVD Menggunakan Augmented Reality, Mungkinkah?

By Ivan Azzam / Published on Monday, 29 Aug 2011

Teknologi augmented reality mungkin masih terasa asing di telinga kita, namun tidak halnya di AS sana, definisi dari teknologi AR menurut Wikipedia adalah, teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

Qualcomm selaku perusahaan telekomunikasi sedang mengembangkan aplikasi yang unik berbasis teknologi AR. Aplikasi unik tersebut memang masih bersifat demo, namun cukup untuk diketahui kecanggihannya. Lalu apa aplikasi yang dimaksud?

Aplikasi tersebut membuat pengguna smartphone menggunakan kamera smartphone miliknya yang diarahkan ke DVD yang masih disegel dan anda bisa menyaksikan trailer dari film DVD tersebut secara real-time tanpa perlu membuka segel DVD tersebut.

Cara kerjanya, aplikasi tersebut melihat kover DVD, memetakan ke database online miliknya, lalu memutar trailer tersebut secara langsung. Namun, diperlukan chip Snapdragon (buatan Qualcomm) yang mumpuni, koneksi internet (3g/WiFi) yang cepat, dan prosesor grafis yang cepat. Ide ini merupakan terobosan yang menarik.

Teknologi AR umumnya diterapkan di aplikasi travel atau peta lokasi, semoga dalam beberapa waktu ke depan aplikasi ini segera diluncurkan ke publik. (via GigaOm)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda