Scroll to Top

Meizu MX3: Ditenagai Exynos 5 Octa 8 Core dan Layar Full HD

By Ditya / Published on Thursday, 21 Mar 2013

Meizu MX3

Meizu MX3 mungkin akan menjadi smartphone pertama di luar Samsung yang ditenagai chipset canggih Exynos 5 Octa yang mengusung prosesor 8 core. Smartphone Meizu MX3 ini kabarnya akan dibekali dengan layar berukuran 5,1 inci dengan resolusi full HD.

Nama Meizu mungkin terdengar asing bagi konsumen di Tanah Air, tapi Meizu adalah brand smartphone asal China yang sering merilis smartphone dengan spesifikasi cukup tinggi. Meizu MX3 sendiri mengikuti tren smartphone kelas atas yang mengusung layar 5,1 inci dengan resolusi 1200 x 1920 piksel.

Salah satu hal yang menarik dari smartphone Meizu MX3 ini adalah dapur pacu yang digunakan. Meizu MX3 ditenagai chipset Samsung Exynos 5 Octa yang mengusung prosesor 8 core. Chipset Exynos 5410 Octa ini juga menjadi dapur pacu dari smartphone Samsung Galaxy S4 yang baru saja dirilis.

Prosesor Exynos 5 Octa ini adalah prosesor yang sebelumnya dikenal dengan chip big.LITTLE yang menjadi dapur pacu Samsung Galaxy S4 disamping Qualcomm Snapdragon 600 pada varian lain smartphone tersebut.

Exynos 5 Octa ini disebut sebagai chip big.LITTLE karena menggabungkan 2 arsitektur prosesor dalam 1 chip. Samsung Exynos 5 Octa ini terdiri dari 4 core ARM Cortex-A15 yang powerfull sekaligus mewakili kata “big” untuk mengerjakan tugas berat.

Sedangkan kata LITTLE diwakili 4 core sisanya yang menggunakan basis prosesor ARM Cortex-A7 yang dikenal sebagai prosesor hemat daya untuk mengerjakan tugas ringan. Konsep ini mirip dengan pola yang digunakan pada Tegra yang mengusung pola 4+1 core, sedangkan Exynos 5 Octa ini 4+4 core.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (20/03/2013), belum diketahui spesifikasi lain dari smartphone Meizu MX3 seperti resolusi kamera, sistem operasi yang digunakan, atau harga dan tanggal rilis dari smartphone canggih ini. Penggunaan dapur pacu Exynos 5 Octa ini akan membuat Meizu MX3 ini memiliki daya tarik tersendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda