Scroll to Top

Tips Membuat Polling Pada Google Plus Anda

By Aisyah Indarsari / Published on Tuesday, 30 Aug 2011

Apakah Anda sedang memerlukan data polling untuk penelitian Anda? Atau Anda hanya penasaran tentang preferensi pilihan sebagian orang tentang sesuatu hal? Dan kebetulan anggota Circle Google+ Anda sangat banyak? Cobalah tips berikut untuk memanfaatkan Google+ sebagai alat polling bagi Anda.

Jika Anda memperhatikan, sebelumnya Facebook sudah memiliki suatu fitur polling yang memungkinkan Anda membuat suatu pertanyaan, dan mengukur tingkat preferensi teman-teman Anda terhadap pilihan-pilihan yang Anda tawarkan.

Nah, kali ini Anda juga bisa memanfaatkan Google+ dengan “+1”nya sebagai alat pengukur jumlah suara terhadap pilihan-pilihan yang Anda ajukan atas pertanyaan yang Anda sampaikan.

Caranya adalah sebagai berikut:

Langkah 1 : Ajukan pertanyaan

Tentukan pertanyaan yang ingin Anda ajukan pada teman-teman Anda, dan posting pertanyaan tersebut dalam stream Anda.

Langkah 2 : Posting pilihan jawaban sebagai “Comment”

Jika pertanyaan sudah Anda share, kemudian tulis/posting kembali pilihan-pilihan jawaban tersebut sebagai comment atas posting pertanyaan Anda sebelumnya.

Langkah 3 : Kunci posting Anda dan matikan fungsi comment berikutnya

Agar fungsi polling dapat berjalan dengan tepat, Anda harus mengunci posting Anda, dan mematikan fungsi comment berikutnya, agar tidak ada yang bisa me-“re-share” posting tersebut dan atau menambahkan komentar macam-macam dibawahnya.

Langkah 4 : Aktifkan kembali comment tersebut, dan nyatakan pemenangnya

Biarkan teman-teman Anda menentukan “+1”nya pada pilihan jawaban preferensinya. Jika Anda sudah cukup puas dengan jawaban yang ada, dengan waktu yang telah Anda tentukan, Anda dapat menyelesaikan polling tersebut dengan mengaktifkan kembali fungsi comment, dan segera menyatakan pemenangnya.

Nah, cukup mudah bukan? Silahkan mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda