Scroll to Top

Data Real Pengguna FB Picu Pencurian Identitas

By Ibnu Azis / Published on Friday, 22 Mar 2013

Facebook iPad

Masih ingat dengan sosok Frank Abagnale dalam film Catch Me If You Can (2002), kali ini ia buka suara soal kemungkinan fraud di Facebook. Menurutnya data real pengguna FB picu terjadinya pencurian identitas.

Ia mengatakan jika jejaring sosial terpopuler di dunia ini sangat memungkinkan untuk terjadinya fraud. Frank Abagnale menyoroti soal identitas diri yang begitu mudah dipublikasikan di Facebook.

“Jika Anda memberitahu saya tanggal lahir Anda dan di mana Anda dilahirkan, saya 98% bisa mencuri identitas Anda,” aku Frank Abagnale.

Frank Abagnale bukanlah orang sembarang. Ia memang penipu ulung namun kini telah tobat. Frank Abagnale dikenal sebagai seorang konsultan keamanan Amerika Serikat yang terkenal karena sejarah sebagai seorang ahli dalam memalsukan cek, memalsukan identitas, dan melarikan diri.

Frank Abagnale
Frank Abagnale

Dan bahkan pria yang bernama lengkap Frank William Abagnale, Jr ini berhasil menggondol dana hingga USD 2,5 juta di 26 negara lewat cek palsu. ‘Kejahatan’ yang ia lakukan dimulai ketika usia 16 tahun.

Dikutip dari Telegraph Jumat (22/03/13), Frank Abagnale menegaskan agar pengguna tidak mencantumkan informasi itu secara real atau komplit. Resikonya ada dan mengundang penjahat untuk mencurinya.

Catch Me If You Can (2002)
Frank Abagnale diperankan oleh Leonardo Di Caprio dalam Catch Me If You Can (2002)

“Jangan pernah menyatakan tanggal lahir Anda dan di mana Anda dilahirkan pada profil pribadi, itu sama saja Anda mengatakan ‘datang dan curi identitas saya’,” ujarnya.

Frank Abagnale sadar benar jika teknologi saat ini luar biasa kemajuannya. Kejahatan yang ia lakukan 40 tahun yang lalu tak ada artinya di zaman saat ini.

“Jika Anda mengambil seorang anak di London dan membawanya ke negara lain tanpa merampas iPhone-nya, mungkin anak itu bisa pulang kembali ke rumah dengan selamat,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda