Scroll to Top

Spanyol vs Finlandia 1-1: Teemu Pukki Ganjal Juara Bertahan

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 23 Mar 2013

Spanyol vs Finlandia 1

Spanyol harus menerima kejutan besar dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2014. Bermain di El Molinon, Gijon, pasukan Vicente Del Bosque harus puas dengan hasil pertandingan Spanyol vs Finlandia skor 1-1. Sergio Ramos sempat membawa La Furia Roja unggul dalam pertandingan ke-100-nya. Namun, kemenangan di depan mata buyar oleh Teemu Pukki. Jadilah juara bertahan Piala Dunia 2010, tertahan di kandang sendiri.

Tampil di depan pendukung sendiri, sang juara bertahan Piala Dunia menurunkan formasi 4-3-3. Pelatih Vicente Del Bosque kembali meletakkan Cesc Fabregas dalam posisi false nine seperti yang diperagakan La Furia Roja di Euro 2012. Dan sebuah catatan ‘mengerikan’ ditunjukkan para punggawa Barcelona. Ada 7 orang dari Barca yang tampil sebagai starter untuk Spanyol. Sebuah rekor baru dalam perjalanan tim Matador.

Seperti biasa, Spanyol mendominasi jalannya pertandingan. Namun, mereka kesulitan menghadapi Finlandia, yang dalam pertandingan ini menggantung seorang Teemu Pukki sendirian di depan. Rapatnya pertahanan tim tamu, didukung dengan cemerlangnya penampilan Niki Maenpaa. Hasilnya, ancaman Santi Cazorla (’25) dan Andres Iniesta (’40) masih belum bisa membobol tim besutan Mixu Paatelainen hingga turun minum.

Spanyol vs Finlandia 2

Butuh kemenangan, Del Bosque menghadirkan Pedro Rodriguez mengganti Cazorla di awal babak kedua. Dan, gol yang ditunggu-tunggu El Molinon hadir. Tepatnya di menit 49. Sergio Ramos yang menjalani partai ke-100 untuk timnas, menanduk bola tendangan sudut David Silva ke sudut jauh gawang lawan.

Spanyol vs Finlandia

Dominasi Spanyol terus berlanjut, tapi mereka sempat kedodoran ketika Pukki mendribble bola dan nyaris memberikan ancaman berarti untuk Victor Valdes di menit 60.

Spanyol berusaha menambah gol dengan hadirnya Alvaro Negredo dan Juan Mata. Namun, yang terjadi benar-benar di luar dugaan siapa pun. Dalam sebuah serangan, umpan silang Alexander Ring dari sisi kanan pertahanan La Furia Roja tak bisa diamankan oleh Sergio Ramos.

Teemu Pukki berhasil mendahului sergapan Victor Valdes untuk menyeimbangkan kedudukan. Sebuah gol cantik dari penyerang Schalke 04, dan seluruh El Molinon dibuat tak percaya.

Spanyol vs Finlandia 3

Spanyol terus menyerang. Gol tak kunjung tercipta ketika Alvaro Negredo tak memanfaatkan dua peluang beruntun. Laga semakin menegangkan. Menit 90, terjadi insiden di depan gawang Finlandia yang membuat para pemain dari kedua kubu saling dorong.

Skor akhir 1-1 dan Spanyol untuk kedua kalinya teredam dalam perjalanan menuju Piala Dunia 2014. Tak mudah bagi La Furia Roja, sementara Prancis memenangi partai penting melawan Georgia.

Spanyol (4-3-3): Valdes; Arbeloa, Pique, Ramos, Alba; Iniesta, Busquets, Cazorla (Pedro ’46); Villa (Negredo ’64), Cesc (Mata ’74), Silva

Finlandia (4-2-3-1): Maenpaa; Raitala, Toivio, Moisander, Arkivuo; Ring, Tainio (Sparv ’69); Eremenko, Hetemaj, Hamalainen; Pukki (Halsti ’93)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda