Scroll to Top

Tampilan Baru Windows Explorer Di Windows 8?

By Ivan Azzam / Published on Tuesday, 30 Aug 2011

Windows 8 semakin meningkat saja perkembangannya, kemarin, orang-orang dari raksasa Redmond memposting tampilan antarmuka perubahan dari Windows Explorer. Windows 8 akan memasukkan fitur Ribbon UI, dimana fitur ini umumnya ada pada aplikasi Microsoft Office atau Windows Live.

 Microsoft menyatakan bahwa tiga tujuan utama dari Explorer baru ini adalah:  optimasi tampilan antarmuka untuk kegiatan file management (copy, paste, move), membuat tampilan antarmuka yang lebih ringkas, dan khas Explorer. Inilah kunci utamanya, para pengguna Windows pada dasarnya tidak ingin tampilan file manager  yang terlalu berbeda dengan yang biasa mereka pakai.

Tim dibalik pengembangan Windows Explorer ini yakin pengguna tidak akan terlalu kaget, alasannya adalah, dari Ribbon UI ini, ada fitur-fitur Explorer tersembunyi yang mudah diakses tanpa aplikasi pihak ketiga/add-ins, juga ada keyboard shortcut, dan kustomisasi yang baik. Microsoft pun menyatakan bahwa toolbar Windows 8 Ribbon ini mudah dikustomisasi layaknya Windows XP.

Lalu dengan aplikasi pihak ketiga/add-ins? Tentu masih bisa diintegrasikan dengan menu klik kanan khas Explorer, tapi tak bisa diakses melalui Ribbon.

Windows 8 Explorer Ribbon memiliki lima fitur tab yaitu: file, home, share, view, dan manage. Masing-masing tab berisi tool tersendiri.  Semoga Windows Explorer baru ini bisa cepat kita rasakan. (via Geek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda