Scroll to Top

Inggris: Daftar Kemenangan Besar The Three Lions Di Pertandingan Tandang

By Wan Faizal / Published on Saturday, 23 Mar 2013

SanMarino 0-8 Inggris

Timnas Inggris sukses membukukkan kemenangan telak 0-8 atas tuan rumah San Marino dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Eropa, Sabtu (23/3/2013) dini hari WIB. Kemenangan dengan skor telak seperti itu bukanlah yang pertama kali dilakukan Inggris di pertandingan tandang di sebuah pertandingan resmi. Setidaknya, ada empat hasil lain yang membuktikan kedigdayaan Inggris kala bermain di luar daerahnya.

Sebelumnya, The Three Lions juga sudah pernah menang besar saat bermain di Irlandia Utara, Turki, San Marino, dan Jerman. San Marino mungkin jadi yang tersial karena dua kali mereka dihajar Inggris dengan skor telak.

Well, berikut adalah lima pertandingan away di laga kompetitif yang sukses dimenangi Inggris dengan skor telak.

  • Irlandia Utara 1-5 Inggris, 17 Oktober 1979, Kualifikasi Piala Eropa 1980

Inggris saat itu punya anggota tim yang bagus seperti Peter Shilton dan Steve Coppell. Dan tak perlu diragukan lagi, meski bermain di kandang, Inggris sukses menang telak dengan skor 1-5. Dua gol dikemas masing-masing oleh Trevor Francis dan Tony Woodcock. Sementara satu gol lain merupakan “dedikasi” pemain tuan rumah, Jimmy Nicholl. Tim asuhan Ron Greenwood akhirnya sukses lolos ke putaran final namun gagal melangkah dari fase grup.

  • Turki 0-8 Inggris, 14 November 1984, Kualifikasi Piala Dunia 1986

Kemenangan yang patut dikenang oleh Inggris. Selain karena skornya cukup telak, di pertandingan ini Viv Anderson yang merupakan pemain kulit hitam pertama yang bermain bagi Inggris sukses mencetak gol pertamanya bagi timnas.

Tak hanya Anderson yang menebar pesona di laga yang digelar di Inonu Stadium ini. Bobby Robson mencuri perhatian dengan mengemas hat-trick. Sementara John Barnes dan Tony Woodcock menyumbang dua gol lainnya.

  • San Marino 1-7 Inggris, 17 November 1993, Kualifikasi Piala Dunia 1994

Blunder Stuart Pearce membuat Davide Gualtieri mencetak gol di detik ke delapan setelah wasit meniup tanda dimulainya pertandingan. Inggris yang butuh kemenangan dengan margin tujuh gol untuk lolos ke AS 1994 langsung berupaya membalas.

Mereka memang sukses membalas San Marino dengan tujuh gol saat itu. Ian Wright mencetak empat gol, Paul Ince dua gol, serta Les Ferdinand satu gol. Namun kemenangan Belanda atas Polandia di waktu bersamaan membuyarkan harapan Inggris untuk melaju ke Amerika Serikat. Sehari setelah kemenangan 1-7 tersebut, manajer Graham Taylor mundur dari jabatannya karena gagal meloloskan Inggris ke Piala Dunia 1994.

  • Jerman 1-5 Inggris, 1 September 2001, Kualifikasi Piala Dunia 2002

Ada tensi tinggi dan pertaruhan gengsi setiap dua negara ini bertemu. Tak terkecuali di laga Kualifikasi Piala Dunia 2014 tersebut yang dimainkan di Olympic Stadium Muenchen. Jerman sempat menggebrak lewat gol cepat Carsten Jancker di menit keenam sebelum Inggris membalasnya dengan lima gol.

Jerman 1-5 Inggris
Jerman 1-5 Inggris

Kebangkitan Inggris ditandai oleh gol Michael Owen di menit 13. Pemain mungil itu akhirnya mencetak hat-trick yang disusul dua gol dari Steven Gerrard dan Emile Heskey.

  • San Marino 0-8 Inggris, 23 Maret 2013, Kualifikasi Piala Dunia 2014

Inggris seperti tak menemui perlawanan berarti di pertandingan ini. Terbukti dengan skor 0-8 yang tersaji di akhir pertandingan. Jermain Defoe mencetak dua gol yang dihiasi satu gol bunuh diri dari Alessandro Della Valle. Lima gol lain dipersembahkan oleh Alex Oxlade-Chamberlain, Ashley Young, Frank Lampard, Wayne Rooney, dan Daniel Sturridge.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda