Scroll to Top

Review Pekan Pertama Liga Spanyol: Dominasi Real Madrid dan Barcelona

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 30 Aug 2011

Barcelona dan Real Madrid kembali menunjukkan level persaingan yang tinggi di antara keduanya. Setelah mendengar kabar Madrid sukses memborong enam gol tanpa balas ke gawang Real Zaragoza dalam laga tandang, Barcelona membekap Villareal dengan skor 5-0. Tidak banyak yang berubah: dipastikan hingga akhir musim, (hanya) dua tim ini akan berebut gelar juara Liga Spanyol.

Tidak ada klub lain yang mampu mencetak begitu banyak gol dengan margin besar seperti yang dilakukan dua musuh bebuyutan ini. Wajar jika kemudian muncul pendapat: Liga Spanyol memang seru. Namun, serunya La Liga cuma milik dua klub petarung El Clasico. 18 tim lain hanya menjadi figuran yang menyedihkan.

Real Madrid yang musim lalu dibuat tak berkutik oleh Barcelona, kecuali dalam Piala Raja, menunjukkan bahwa tim ini adalah tim yang sama (atau lebih baik) dengan musim lalu. 102 gol yang dicetak dalam 38 pertandingan pada musim 2010/2011, diikuti dengan kemenangan besar atas Real Zaragoza.

Kalau dibandingkan, musim lalu, dengan tim yang sama dalam laga tandang, Madrid cuma menang 1-3. Kini, hattrick Ronaldo ditambah gol Marcelo, Xabi Alonso, dan Kaka sukses melumat tim yang musim sebelumnya bercokol di peringkat 13. Khusus Ronaldo, 3 gol di pembukaan liga menunjukkan betapa top skorer La Liga musim 2010/2011 ini masih sangat haus gol. Bukan tidak mungkin ia mengulang atau melebihi koleksi golnya musim lalu, 40.

Barcelona yang baru saja menggaet dua gelar ganda: Piala Super Spanyol dan Piala Super Eropa, melanjutkan kampanye mereka untuk mengoleksi semua gelar musim ini. Menghadapi Villareal, EL Barca juga melakukan peningkatan. Musim lalu, Giuseppe Rossi dkk. digulung 3-1.

Kini, 5 gol tanpa balas. Terima kasih layak diberikan pada gelandang masa depan Thiago Alcantara, anak yang pulang kampung halaman Cesc Fabregas, mantan tukang cuci piring Alexis Sanche, dan siapa lagi kalau bukan Lionel Messi. Dua gol Messiah membuatnya bersaing dengan Ronaldo dalam bursa top skorer La Liga.

Namun, lagi-lagi, demikian saja tentang Liga Spanyol. Dua klub, Barcelona dan Real Madrid, adalah yang terdepan dan terkaya. 18 sisanya, hanya menjadi pelengkap. Bahkan beberapa bermasalah dengan gaji para pemainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda