Sergio Van Dijk mengaku bangga, ketika dirinya dipercaya untuk melakoni debut perdana membela Timnas Indonesia di ajang internasional. Namun dirinya juga tidak bisa menyembunyikan kekecewaan, ketika membuang peluang emas.

Sebelum laga Indonesia Vs Arab Saudi, Van Dijk memang menjadi pusat perhatian bagi seluruh pencinta sepakbola Indonesia.

Maklum catatan karirnya yang mentereng di Liga Australia, diharapkan menjadi suntikan kekuatan bagi skuad Garuda kali ini.

Van Dijk memang gagal mempersembahkan kemenangan pada debut internasionalnya bersama timnas Indonesia, kendati demikian permainan striker Persib Bandung ini sebenarnya tidak buruk.

Sergio juga beberapa kali mampu memberikan ancaman ke gawang lawan dan memenangkan duel udara dengan pemain belakang Arab.

Ketika dimintai komentarnya tentang penampilan perdana Van Dijk, pelatih timnas Rahmad Darmawan bisa mengerti mengapa Sergio Van Dijk bermain di bawah ekspektasi.

“Sergio Van Dijk baru pertama kali bermain untuk timnas. Saya juga memainkan dia karena menaruh ekspektasi besar terhadap dia. Dia tampil bagus sepanjang latihan” ungkap Rahmad darmawan seusai laga, Sabtu (23/3/13).

“Kalau kenapa dia belum main bagus, mungkin ini baru pertama dia bermain untuk Timnas dan menghadapi suporter yang luar biasa. Lalu kenapa saya memainkan dia selama 90 menit karena saya butuh targetman. Selain itu dia bisa berguna ketika bertahan serta saat memanfaatkan bola mati” tambahnya.

Sergio van Dijk sendiri merasa bangga pada debutnya kali ini. Namun Van Dijk juga tidak bisa menyembunyikan rasa kecewa, karena telah membuat peluang emas.

“Saya bangga bisa bermain untuk timnas pertama kalinya, namun secara hasil saya sangat kecewa. Kita berkerja sama dengan baik, namun hasil mengecewakan” jelas Sergio van Dijk.

Mantan pemain Adelaide United inipun tidak puas dengan penampilannya. Sergio menilai seharusnya dirinya bisa mencetak gol di babak pertama. Saat kedudukan imbang 1-1, Van Dijk nyaris membuat Indonesia unggul.

Menerima umpan silang, tandukan Van Dijk di mulut gawang sukses dimentahkan kiper Arab Saudi.

“Harusnya saya bisa cetak gol di babak pertama dan kemungkinan hasil pertandingan akan berbeda” sesal Van Dijk.