Scroll to Top

Apple Coret Samsung dari Daftar Pemasok Komponen iPad 5?

By Ditya / Published on Sunday, 24 Mar 2013

Perang Paten Samsung vs Apple

Apple dikabarkan telah mencoret nama Samsung sebagai pemasok komponen untuk tablet masa depan mereka, iPad 5. Seperti yang kita ketahui, sejak peluncuran iPad Mini, Apple telah berusaha untuk mengurangi ketergantungan pasokan komponen dari Samsung dan menggunakan komponen dari pabrikan lain.

Sebuah laporan dari Korea menyebutkan bahwa Apple tidak akan menandatangani kontrak untuk pasokan komponen tablet iPad 5. Tak hanya iPad 5, hal ini kabarnya akan berlaku bagi tablet iPad Mini 2 yang konon telah mengusung layar Retina Display .

“Apple baru-baru mengirimkan permintaan untuk bagian perkirakan pasokan komponen untuk iPad generasi ke-5 dan iPad Mini 2 kepada pemasok komponen, dan Samsung Display tidak pada daftar penerima,” menurut laporan dari Korea.

Meski demikian, banyak yang tak yakin dengan laporan berita dari Korea tersebut. Salah satu petinggi Samsung mengomentari berita ini dan mengatakan bahwa dalam sebuah perkiraan bisnis itu bisa naik dan turun. Ia juga mengungkapkan bahwa hal ini cukup sensitif dan keputusan akhir masih dapat berubah.

Seperti yang kita ketahui, sejak rilis iPad Mini dan iPad generasi keempat, ada beberapa komponen yang tak lagi dipasok oleh Samsung atau porsi Samsung dikurangi, antara lain pada chip memori dan layar. Apple menggandeng Sharp dan LG untuk pemasok layar serta menggandeng Micron dan Elpida untuk pasokan chip memori.

Apple masih memerlukan waktu untuk benar-benar lepas dari pasokan komponen Samsung. Hal ini terlihat pada prosesor Apple seri A yang diproduksi oleh Samsung. Bahkan, untuk prosesor Apple A7 yang merupakan prosesor generasi terbaru Apple ini 50% masih diproduksi oleh Samsung.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (23/03/2013), iPad 5 dan iPad Mini 2 tampaknya masih belum benar-benar lepas dari pasokan komponen Samsung. Namun, Apple akan terus berusaha untuk mengurangi ketergantungan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda