Scroll to Top

AMD akan Pangkas Harga APU Trinity April?

By Ditya / Published on Sunday, 24 Mar 2013

AMD APU

Advanced Micro Device (AMD) dikabarkan akan pangkas harga prosesor APU (Accelerated Processing Unit) generasi Trinity dan beberapa seri prosesor FX pada bulan April 2013 mendatang. Meski kabar ini masih sebatas rumor, tapi pemangkasan harga ini akan meningkatkan daya saing produk AMD terhadap pesaing terberatnya, Intel.

Seperti yang kita tahu, AMD merilis APU generasi kedua yang disebut dengan Trinity ini pada tahun 2012 lalu. APU Trinity sendiri adalah gabungan dari arsitektur prosesor AMD Piledriver dengan grafis Radeon HD seri 7000 dalam sebuah chip tunggal.

Produsen prosesor x86 terbesar kedua di dunia kabarnya akan memangkas harga APU Trinity dengan besaran antar 8 persen hingga 15 persen. Kabar pemangkasan harga ini bersumber dari laporan DigiTimes yang menyebutkan AMD akan melakukan pemangkasan harga terhadap beberapa produk prosesornya.

Sampai saat ini memang belum ada informasi mengenai prosesor dan APU apa saja yang akan dipangkas harganya oleh AMD. Namun, menurut hardware.info, beberapa prosesor yang akan dipangkas harganya ini antara lain AMD APU A8-5600K, FX-6300, dan FX-4300. Kabarnya, beberapa tipe prosesor lain juga terkena pemangkasan harga.

Lalu mengapa AMD melakukan pemangkasan harga prosesor? Situs tersebut menyebutkan bahwa pemangkasan harga prosesor AMD ini terkait antisipasi peluncuruan prosesor terbaru Intel, yakni Haswell. Penurunan harga ini dimaksudkan agar AMD dapat bersaing dengan prosesor generasi terbaru Intel tersebut.

Tak hanya mengantisipasi kehadiran Intel Haswell, AMD memangkas harga APU Trinity dan beberapa tipe prosesornya ini juga terkait peluncuran APU generasi terbaru besutan AMD, yakni APU Richland yang merupakan generasi penerus APU Trinity.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware (23/03/2013), sampai saat ini AMD sama sekali tak memberikan komentar mengenai informasi pemangkasan harga. APU Richland, yang merupakan generasi penerus Trinity telah bersiap dengan grafis baru, yakni Radeon HD seri 8000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda