Scroll to Top

Windows Store Capai 50.000 Aplikasi

By Ditya / Published on Sunday, 24 Mar 2013

Windows Phone 8

Jumlah aplikasi berbasis antarmuka Metro untuk sistem operasi Windows 8 dan Windows RT di Windows Store dikabarkan telah mencapai lebih dari 50.000 aplikasi. Ini merupakan sebuah pencapaian yang cukup baik untuk meningkatkan daya saing platform Windows terhadap platform mobile lain, seperti Android dan Apple iOS.

Sebuah situs independen, MetroStoreScanner, mengatakan bahwa jumlah aplikasi berbasis antarmuka Metro telah mencapai angka 50.304 aplikasi di Windows Store. Peningkatan jumlah aplikasi di Windows Store ini cukup pesat, mengingat akhir Oktober lalu jumlah aplikasi di Windows Store baru mencapai 8.000 aplikasi.

Hal yang paling menarik dari statistik aplikasi di Windows Store ini adalah jumlah aplikasi yang diajukan atau disetujui terus meningalami peningkatan dari bulan-ke-bulan. Banyak pihak yang mengatakan bahwa hal ini adalah indikasi kebangkitan platform Windows.

Jika dilihat dari jumlah aplikasi, angka 50.000 aplikasi seperti yang dicapai oleh Windows Store ini memang masih jauh jika dibandingkan dengan Android atau Apple iOS. Bahkan, Apple iOS telah memiliki sekitar 376.000 aplikasi yang dirancang khusus untuk tablet iPad.

Jumlah aplikasi yang kalah banyak jika dibandingkan dengan Android atau Apple iOS ini merupakan salah satu kelemahan platform Windows dengan toko aplikasi resmi Windows Store. Bahkan, hal ini juga dituding menjadi salah satu sebab jebloknya penjualan tablet Surface Pro dan Surface RT.

Seperti yang dilansir dari TechRadar (23/03/2013), Microsoft sendiri juga tengah menggelontorkan promosi dengan menjanjikan sejumlah insentif pada para pengembang agar mau mengembangkan aplikasi untuk Windows 8, Windows RT, dan Windows Phone 8.

Strategi seperti ini sebelumnya telah sukses diterapkan oleh BlackBerry untuk menggenjot jumlah aplikasi untuk platform BlackBerry 10. Kesuksesan BlackBerry ini tampaknya menginspirasi Microsoft untuk menggunakan cara yang sama untuk meningkatkan jumlah aplikasi di Windows Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda