Scroll to Top

Silk Road, Situs eBay-nya Narkoba Ditutup

By Ibnu Azis / Published on Monday, 25 Mar 2013

Silk Road

Situs Silk Road yang dikenal sebagai eBay-nya narkoba telah ditutup. Konon situs ini miliki omzet hingga GBP 1 juta per bulan atau sekitar Rp 14 miliar. Situs tersebut sejatinya telah muncul sejak 2011 lalu dan mulai dilakukan penindakan tahun 2012 serta resmi ditutup tahun ini.

Pengunjung situs Silk Road sangat sukar dilacak. Ini termasuk pembeli maupun si penjual. Bahkan situs ini menawarkan harga miring. Untuk produk-produk tertentu mereka menawarkan harga terbaik.

Dengan omzet menggiurkan mencapai Rp 14 miliar sebulan, dan masif diposting ke pembeli di Inggris, pecandu dimanjakan dengan ekstasi, heroin, ganja, kokain, dan lainnya yang bisa diperoleh hanya dengan sekali klik laiknya ecommerce.

Silk Road sendiri sangat cerdik. Mereka beroperasi laiknya pasar legal macam Amazon atau eBay. Situs tersebut sendiri diakses dengan software khusus yang bernama Tor. Dengan piranti lunak ini pengunjung anonim bisa menyembunyikan alamat IP mereka.

Secara sederhana Tor akan menyembunyikan lokasi pengunjung. Dengan demikian mereka akan tersamarkan dan jauh dari pengawasan analisa lalu lintas internet.

Salah satu pengunjung Paul Leslie Howard dari Australia mengaku memanfaatkan layanan Silk Road pada 11 kesempatan yang berbeda. Namun sayangnya salah satu upayanya terkuak.

Bea Cukai Australia dan petugas Perlindungan Perbatasan Layanan di Melbourne dan Sydney memeriksa serangkaian transaksi email yang diduga dari Belanda dan Jerman.

Dikutip dari Daily Mail Senin (25/03/13), tak beberapa lama polisi federal mengebrek rumahnya Juli 2012 lalu. Ia didakwa mengimpor obat-obatan berbahaya dan mengaku bersalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda