Scroll to Top

Facebook Matikan Akses Web, Paksa Karyawan Gunakan Mobile

By Ibnu Azis / Published on Monday, 25 Mar 2013

Facebook Mobile

Masih ingat dengan himbauan Facebook yang mewajibkan karyawanya gunakan smartphone Android? Kini mereka lakukan kebijakan serupa. Bahkan Facebook matikan akses web dan memaksa pegawainya gunakan Facebook mobile.

Istilah ini sering disebut dengan dogfooding. Tatkala menganjurkan menggunakan smartphone Android, Facebook menginginkan agar karyawannya mengetahui celah yang ada di aplikasi tersebut. Misalkan saja soal keamanan, kenyamanan, dan lainnya.

Jika mereka menemukanya sila diteruskan ke insiyur terkait. Dan para insiyur itu (aplikasi) akan segera memerbaiki bug yang ditemukan. Lantas apa yang diincar Facebook dari akses mobile?

Dikutip dari AllTwitter Senin (25/03/13), Josh Williams Product Manager Facebook sekaligus mantan CEO Gowalla mengatakan kebijakan ini untuk menggali pengalaman komunikasi yang lebih dalam menggunakan native mobile apps.

“Sejujurnya beberapa minggu yang lalu saya dan beberapa manajer produk lainnya mematikan akses web (internal). Mereka (karyawan) saya paksa gunakan akses mobile selama sepekan,” ujarnya saat festifal SXSW lalu.

Josh Williams kemudian mengatakan pada karyawan jika Facebook miliki fitur hebat di satu (mobile) tempat namun tidak di tempat lain (web) dan kita harus memerbaikinya.

November tahun lalu saat dogfooding serupa Facebook bahkan memaksa karyawannya untuk ‘menukar’ smartphone iPhone mereka dengan Android. Cara ini sangat efektif untuk brainstorming antar karyawan lintas divisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda