Scroll to Top

Google Reader Ditutup Karena Terganjal Persoalan Privasi?

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 26 Mar 2013

Google Reader

Per 1 Juli 2013 nanti atau tiga bulan lagi Google Reader akan resmi dihentikan. Banyak yang menyayangkan jika aplikasi ini ditutup. Tersiar kabar jika alasan penghentian reader ini akibat terganjal persoalan privasi.

Google menjelaskan setidaknya ada dua alasan mengapa aplikasi reader-nya tidak diteruskan. Pertama, penggunanya yang semakin menurun. Kedua, Google ingin lebih fokus di satu produk atau layanan yang lebih sedikit.

Namun muncul satu alasan lain terkait penutupan Google Redaer. Menurut sumber yang enggan disebutkan namanya, dikutip dari La Times Selasa (26/03/13), Google khawatir akan polemik masalah privasi.

Hal ini dimungkinkan akan menjadi beban biaya tersembunyi di kedepannya. Google bukan sekali dua kali harus gelontorkan banyak uang guna masalah ini. Kasus Street View misalnya yang menguras kantong mereka hingga USD 7 juta.

Google sejatinya bisa menyewa pengacara kondang untuk mengatasi maslaah privasi ini. Namun celakanya Google sendiri tak miliki manager serta programmer tetap untuk Google Redaer. Dan raksasa internet ini tak ingin menambah biaya dan tenaga guna menambah karyawan.

Kemudian muncul dua pertanyaan, mengapa Google Reader tak dijual saja serta berapa jumlah pengguna minimal yang harus dicukupi agar layanan Google tak ditutup?

Google Reader sangat terintegrasi dengan Google. Tentu saja layanan ini tak bisa dijual secara terpisah dari produk lainnya. Jawaban pertanyaan kedua, setidaknya sebuah produk Google wajib miliki 100 juta pengguna jika tak ingin dihentikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda