Scroll to Top

Montenegro Berharap Fans Tidak Bikin Onar

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 26 Mar 2013

Fans Montenegro

Satu ketakutan tersendiri jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2014 Grup H Zona Eropa antara Montenegro vs Inggris adalah potensi terjadinya kerusuhan yang ditimbulkan fans Montenegro. Sudah bukan rahasia lagi jika Montenegro punya basis fans yang sangat fanatik dan dipercaya akan mengintimidasi skuad Inggris saat berlaga di Podgorica nanti.

18 bulan lalu, Inggris pernah menyambangi stadion itu dalam Kualifikasi Piala Eropa 2011. Bukan hasil pertandingan 2-2 atau kartu merah yang diterima Wayne Rooney yang menjadi sorotan pihak Montenegro saat itu. Melainkan ulah fans mereka selepas pertandingan.

Yap, saat itu fans langsung menyemut ke lapangan dan membuat aksi anarkis selepas pertandingan. Polisi harus bersusah payah menghentikan aksi fans kala itu. Federasi Sepakbola Montenegro total dikenai denda sebesar 77.000 pounds terkait aksi tersebut.

Dan jelang laga krusial lawan Inggris yang berpotensi terjadi kerusuhan lagi nanti, kapten Montenegro, Mirko Vucinic, menghimbau fans agar tertib di stadion dan fokus saja untuk mendukung tim terlepas apapun hasilnya nanti.

“Saya mengharapkan tercipta atmosfer yang luar biasa. Fans kami adalah fans yang hebat. Mereka bisa berperan sebagai pemain ke-12. Satu yang saya sesalkan adalah kapasitas stadion yang kecil,” beber pemain Juventus itu.

“Saya juga ingin media di negara kami juga berperan serta dalam membantu fans untuk mendukung tim dengan cara yang benar. Terakhir kali Inggris datang kesini, asosiasi sepakbola kami dikenai denda 77.000 pounds karena ulah fans.”

Podgorica City Stadium
Podgorica City Stadium

Fans tuan rumah akan menjadi perhatian besar bagi pihak keamanan nanti. Sekedar informasi, dalam dua pertandingan setelah lawan Inggris saat itu, fans juga bereaksi dengan cara yang salah dengan melempar flare ke lapangan saat Montenegro bersua San Marino dan Republik Ceko.

Aksi lebih parah mereka tunjukkan saat laga Kualifikasi Piala Dunia 2014 lawan Polandia. Saat itu fans melempar kursi di tribun ke arah gawang tim Polandia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda