Scroll to Top

Mozilla Bagikan Smartphone Firefox OS Gratis untuk Pengembang Aplikasi

By Ditya / Published on Tuesday, 26 Mar 2013

Firefox OS smartphone

Mozilla membagikan handset atau smartphone Firefox OS Preview gratis pada para pengembang aplikasi yang hadir di ajang Firefox OS App Workshop yang diadakan di beberapa negara. Hal ini menjadi salah satu strategi Mozilla untuk menggandeng para pengembang agar tertarik mengembangkan aplikasi untuk Firefox OS.

Pembesut browser Firefox ini mengadakan Firefox OS App Workshop di Madrid, Spanyol pada tanggal 20 April, Bogota, Columbia pada 18 Mei, dan Warsawa, Polandia pada tanggal 1 Juni. Ajang Firefox OS App Workshop ini juga merupakan slah satu cara Mozilla untuk merangkul para pengembang aplikasi.

Mozilla mencari pengembang yang telah berpengalaman dalam mengembangkan berbagai aplikasi yang berjalan di beberapa platform, sebut saja PhoneGap, Chrome, WebOS, BlackBerry WebWorks, dan platform lainnya. Mozilla membagikan handset atau smartphone Firefox OS Preview secara gratis bagi pengembang yang tertarik untuk mengembangkan aplikasi.

Sistem operasi Firefox OS sendiri resmi diluncurkan di ajang Mobile World Congress (MWC) 2013 lalu dan akan segera meluncur untuk pasar negara tertentu, seperti Brasil, Kolombia, Hungaria, Meksiko, Polandia, Serbia, Spanyol dan Venezuela. Sedangkan untuk pasar lain seperti Amerika Serikat, kemungkinan akan meluncur pada tahun 2014 mendatang.

Beberapa produsen smartphone, seperti Huawei, Sony, ZTE, dan Alcatel telah menyatakan tertarik untuk memproduksi smartphone berbasis Firefox OS. Sistem operasi besutan Mozilla ini tak secara frontal bersaing dengan Android atau iOS, karena smartphone Firefox OS lebih berkonsentrasi untuk memasuki pasar kelas menengah dan entry-level.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (25/03/2013), ketersediaan aplikasi merupakan salah satu poin penting untuk dapat bersaing melawan sistem operasi mobile lain yang telah mapan. Mozilla pun mengambil strategi membagikan smartphone Firefox OS Preview bagi pengembang agar tertarik mengembangkan aplikasi Firefox OS.

Saat ini memang belum ada satu pun smartphone Firefox OS yang meluncur ke pasar. Namun, hal ini dimanfaatkan oleh Mozilla untuk membangun ekosistem yang matang untuk Firefox OS dengan menggandeng pengembang aplikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda