Scroll to Top

PSSI Terbelah Lagi Setelah Timnas Indonesia Bersatu?

By Aditya / Published on Tuesday, 26 Mar 2013

klb pssi damai

Kongres Luar Biasa (KLB) yang telah dilaksanakan pada tanggal 17 Maret 2013 silam diharapkan menjadi akhir dari konflik berkepanjangan yang selama ini melanda PSSI. Namun, potensi perpecahan PSSI kembali terendus justru ketika Timnas Indonesia yang telah bersatu kembali usai menjalani laga melawan Arab Saudi pada hari Sabtu kemarin. Akankah PSSI terbagi lagi?

Kemungkinan yang tentunya tidak diharapkan itu bisa saja terjadi. Pasalnya, setelah laga Timnas Indonesia kontra Arab Saudi digelar, terjadi saling tuding di antara para pengurus Badan Tim Nasional (BTN) yang memang diisi oleh orang-orang PSSI Djohar Arifin Husin dan para tokoh eks KPSI pimpinan La Nyalla Mattalitti.

Tindakan Wakil Ketua BTN, Harbiansyah Hanafiah, yang tiba-tiba mendepak pelatih Luis Manuel Blanco serta kemudian menggantikannya dengan duet Rahmad Darmawan (RD) dan Jacksen F. Tiago memantik kekesalan dari kubu Djohar Arifin Husin, termasuk Ketua BTN, Isran Noor. Namun, di sisi lain, La Nyalla Mattalitti yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI justru mendukung penggantian pelatih tersebut.

Isran Noor menyebut tindakan Harbiansyah Hanafiah sebagai sikap yang arogan karena tidak berkoordinasi dulu dengan pengurus BTN dan PSSI terlebih dulu. Bahkan, Harbiansyah Hanafiah juga dituding telah menggelapkan uang saku yang sedianya diperuntukkan bagi para punggawa Timnas Indonesia.

Segala tudingan tersebut langsung dibantah oleh Harbiansyah Hanafiah. Penggantian Luis Manuel Blanco dan penunjukan RD, kata Harbiansyah Hanafiah, telah dikomunikasikan dengan pihak-pihak terkait, termasuk Isran Noor dan PSSI.

Kondisi internal BTN yang tak ideal seperti ini dikhawatirkan akan semakin membesar. Pasalnya, sudah menjadi rahasia umum bahwa di kepengurusan PSSI setelah KLB, juga di BTN, terdiri dari dua kubu yang sebelumnya berseteru. Kendati sudah terbebas dari hukuman FIFA, jika konflik tak juga usai, maka ancaman sanksi masih akan tetap membayangi persepakbolaan nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda