De Guzman-Van der Vaart

Skor telak 4-0 menjadi hasil akhir pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2014 Grup D Zona Eropa antara Belanda vs Rumania di Amsterdam ArenA, Rabu (27/3/2013) dini hari WIB. Rafael Van der Vaart dan Jeremain Lens menyumbang masing-masing satu gol. Sementara dua gol lain diborong oleh Robin van Persie.

Belanda mengawali tekanan di menit ketujuh saat tendangan Kevin Strootman dengan susah payah ditepis Costel Pantilimon. Dua menit kemudian, Jeremain Lens memberikan umpan bagus yang sayangnya gagal dieksekusi dengan baik oleh Robin van Persie.

Gol tercipta di menit 12. Kesalahan Razvan Rat memberi peluang bagi Lens untuk mengkreasi peluang dan memberikan bola pada RvP. Pemain Manchester United itu lantas mengoper bola pada Rafael Van der Vaart yang dengan mudah menjebol gawang Pantilimon.

Belanda nyaris menggandakan skor di menit 14. Umpan dari Janmaat menemui kepala Van Persie. Namun bola masih mengarah pada Pantilimon.

Tim tamu baru bisa membalas serangan di menit 35. Kerjasama Bogdan Stancu dan Adrian Poparadu membuat lini belakang Belanda terbongkar. Sayang sepakan Popa masih melambung.

Lima menit babak kedua, untuk kesekian kali Van Persie gagal mendulang gol. Sebuah umpan silang dari sisi kiri gagal diantisipasi dengan baik oleh Florin Gardos dan bola tiba di kaki RvP. Namun meski mendapat waktu untuk mengarahkan bola, tembakannya malah tepat di pelukan Pantilimon.

Enam menit berselang, nama Robin van Persie akhirnya tercantum di papan skor. Aksi individu apik dari Arjen Robben yang mampu melewati dua pemain Rumania diakhiri dengan umpan pada Van Persie. Bola tandukannya kali ini tak mampu dicegah kiper milik Manchester City itu untuk membawa Belanda memimpin 2-0.

Menit 65, wasit Mark Clattenburg menghadiahkan penalti bagi Belanda setelah Gardos menjatuhkan Lens di kotak penalti. Robin van Persie sukses menaklukkan Pantilimon dan membuat skor menjadi 3-0. Gol ini sekaligus membuat Van Persie melewati rekor gol Johan Cruyff serta membuatnya sejajar dengan Klaas-Jan Huntelaar dan hanya berselisih satu gol dari Ruud van Nistelrooy.

Rumania berkesempatan mengecilkan skor di menit 78. Tendangan keras Stancu dari luar kotak penalti berhasil ditepis Kenneth Vermer. Bola muntah coba disundul Adrian Mutu namun hasilnya masih tak memuaskan.

Tim Oranye menutup pesta kemenangan di menit 90. Pantilimon memang sukses menepis sepakan Adam Maher. Namun ia tak kuasa membendung bola rebound yang diteruskan oleh Jeremain Lens. 4-0!

Data Pertandingan:

Belanda 4-0 Rumania (Van der Vaart 12’, Van Persie 56’, 65’-pen, Lens 90’)

Belanda: Kenneth Vermer; Janmaat, Stefan de Vrij, Daley Blind, Bruno Martins; Jonathan De Guzman (Adem Maher 74’), Kevin Strootman, Rafael Van der Vaart (Jordi Clasie 80’); Jeremain Lens, Arjen Robben, Robin van Persie (Siem de Jong 86’)

Rumania: Costel Pantilimon; Florin Gardos, Gabriel Tamas, Vlad Chiriches, Razvan Rat; Alexandru Bourceanu, Adrian Poparadu (Gabriel Torje 63’), Mihai Pintilii, Cristian Tanase (Alexandru Chipciu 60’); Gheorghe Grozav (Adrian Mutu 68’),Bogdan Stancu