Scroll to Top

Prancis vs Spanyol 0-1: Gol Tunggal Pedro Rodriguez

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 27 Mar 2013

Prancis vs Spanyol (2)

Spanyol berhasil memenangkan partai hidup-mati mereka ketika melawat ke Parc de Princes pada Rabu, 27 Maret 2013 pukul 03.00 WIB. Sebuah gol tunggal Pedro Rodriguez mengantarkan tim tamu meraih hasil pertandingan Prancis vs Spanyol 0-1. Kartu merah yang diterima Paul Pogba menambah derita tuan rumah. Lewat hasil kualifikasi Piala Dunia 2014 ini, Spanyol mengudeta Prancis sebagai pemimpin klasemen Grup I.

Pelatih Didier Deschamps lebih memilih untuk memainkan Karim Benzema sebagai starter dalam duel Prancis vs Spanyol. Benzema tengah disorot berkaitan dengan kurangnya gol, baik untuk Les Bleus maupun untuk Real Madrid. Sementara itu, Spanyol memainkan trio Xabi Alonso-Sergio Busquets-Xavi Hernandez di lini tengah. Sesuatu yang membuat La Furia Roja lebih tajam di awal-awal laga.

Prancis vs Spanyol

Xavi semestinya bisa membuka gol untuk Spanyol di menit 6. Namun, tembakannya menyambut umpan Nacho Monreal masih jauh dari sasaran; meski playmaker Barcelona sudah sendirian di depan gawang Hugo Lloris.

Tak mau kalah dari sang juara bertahan Piala Dunia, Les Bleus memberi sengatan. Memasuki menit 15, umpan Christophe Jallet diterima Karim Benzema. Sayang, Benzema masih ingin meneruskan langkanya gol untuk timnas, dengan melepaskan tembakan yang melayang di atas gawang Victor Valdes.

Dua tim berburu gol untuk mengamankan posisi. Sebuah kejadian kontroversial berlangsung di menit 32. Ketika itu Pedro Rodriguez terjatuh di kotak terlarang. Namun, wasit Viktor Kassai tak menggubris protes pemain Spanyol. Xavi malah mendapatkan kartu kuning atas sikapnya.

Prancis nyaris memetik satu gol di akhir babak pertama ketika Franck Ribery sudah berada dalam posisi satu lawan satu dengan Victor Valdes. Kiper Barcelona berhasil memblok tembakan pemain Bayern Munchen dengan dua kakinya dan memaksa skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Kebuntuan dua tim akhirnya pecah di menit 59. Berawal dari kesalahan antisipasi Jallet, Nacho Monreal menerobos masuk ke kotak penalti dan mengirimkan umpan ke tengah. Di sana ada Pedro Rodriguez yang unggul dari lini belakang tuan rumah, lantas melepaskan tembakan. Gol ini begitu heroik, karena Hugo Lloris sempat menepis bola sebelum akhirnya menyaksikan bola tersebut masuk gawang.

Prancis vs Spanyol (4)

Prancis vs Spanyol (3)

Prancis vs Spanyol (6)

Prancis vs Spanyol (5)

Masuknya Jesus Navas semakin menghidupkan lini depan Spanyol. Tuan rumah juga tidak mau kalah. Mereka tampil lebih agresif. Namun petaka hadir di menit 78. Upaya Paul Pogba dalam merebut bola, justru mengenai kaki Xavi. Tak ada ampun, kartu merah melayang dan Prancis bermain 10 orang.

Les Bleus berusaha membuat keadaan seimbang. Namun, kesempatan Franck Ribery dan tandukan Patrice Evra tak bisa dimaksimalkan. Skor akhir tetap 0-1 untuk tim tamu. Dan Spanyol bergerak ke pemuncak klasemen Grup I.

Prancis (4-3-3): Lloris; Jallet (Olivier Giroud ’92), Varane, Koscielny, Evra; Cabaye (Jérémy Menez ’70), Pogba, Matuidi; Valbuena, Benzema (Moussa Sissoko ’82), Ribery

Spanyol (4-3-3): Valdes; Arbeloa, Pique, Ramos, Monreal; Busquets, Xabi Alonso, Xavi; Pedro (Cesc Fabregas ’76), Villa ( Jesús Navas ’61), Iniesta (Mata ’93)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda