Scroll to Top

Montenegro vs Inggris 1-1: Kembali Tertahan Di Podgorica

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 27 Mar 2013

Johnson-Jovetic

Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2014 Grup H Zona Eropa antara Montenegro vs Inggris di Podgorica harus berakhir dengan skor imbang 1-1, Rabu (27/3/2013). Hasil ini mengulang skor seri yang didapat Inggris kala terakhir kali menyambangi markas Montenegro dua tahun silam.

Sebuah serangan balik Inggris di menit ketiga membawa Wayne Rooney punya ruang tembak yang cukup dari sisi kanan. Ia mengirim bola lob ke arah tiang jauh gawang Montenegro. Kiper Mladen Bozovic sudah tak berkutik namun bola masih menerpa tiang gawang.

Menit keenam, giliran mistar gawang yang menyelamatkan Montenegro. Berawal dari sebuah sepak pojok, tembakan keras kaki kiri Glen Johnson bisa ditepis Bozovic sebelum mengenai mistar gawang dan menghasilkan corner kick berikutnya bagi Inggris.

Gol Rooney-Montenegro

Dari situasi sepak pojok itulah Inggris mampu unggul. Bola kiriman Steven Gerrard diteruskan oleh kepala Wayne Rooney dan membuat fans tuan rumah terdiam. Vladimir Volkov adalah orang yang gagal memberi pengawalan ketat pada Rooney dalam situasi tersebut.

Tuan rumah baru bisa keluar dari tekanan Inggris di menit 15 saat Stefan Jovetic mengirim tembakan jarak jauh yang tak menyulitkan Joe Hart. Semenit kemudian, James Milner membalas namun bola tendangannya melebar.

Empat menit jelang bubaran, Danny Welbeck dan Stefan Savic terlibat duel di dalam kotak penalti Montenegro. Dorongan kecil dari Savic membuat Welbeck terjatuh dan wasit meniup peluit. Bukan penalti bagi Inggris, namun hukuman kartu kuning bagi Welbeck karena dianggap diving.

Montenegro keluar menyerang di babak kedua. Baru berjalan tiga menit, tandukan Jovetic menyambut umpan silang Stefan Savic hanya berakhir di jala luar gawang Hart. Sebuah peringatan keras bagi Inggris tentunya.

Milner-Bozovic

Tempo pertandingan meningkat dan Montenegro sukses memberi tekanan hebat pada Inggris. Dua peluang mereka dapat lewat Jovetic di menit 56 yang mana bola tendangannya masih melebar. Tiga menit kemudian, giliran Mirko Vucinic yang gagal memanfaatkan peluang bersih di depan gawang Hart.

Inggris membalas serangan di menit 66 lewat eksekusi tendangan bebas Rooney. Namun bola masih bisa diamankan oleh Bozovic.

Montenegro jadi panas. Dua kali tembakan Vucinic masih bisa diamankan Hart dan satu lagi melebar. Menit 74, tembakan Jovetic dari jarak dekat bisa ditepis Hart dan menghasilkan sepak pojok. Dari situ, sundulan pemain Montenegro masih menerpa tiang gawang Inggris.

Menit 76, Montenegro akhirnya sukses menyamakan skor. Dejan Damjanovic yang baru masuk di babak kedua harus berusaha sampai tiga kali untuk bisa menjebol gawang Hart. Pertama, sundulannya menyambut umpan sepak pojok bisa ditepis Hart. Bola muntah kembali disambarnya namun masih ada Welbeck. Usaha ketiganya baru membuahkan hasil lewat sepakan jarak dekat.

Gol Damjanovic

Inggris coba kembali meraih keunggulan di menit 83 lewat tendangan jarak jauh Gerrard yang masih melenceng. Dua menit kemudian, Vucinic gagal memanfaatkan tendangan bebas di depan kotak penalti Inggris. Beberapa saat kemudian, bola halauan Gerrard justru mengenai kaki Vucinic dan bola mengarah ke gawang Inggris. Beruntung Hart bisa menepisnya.

Bozovic pantas menjadi pahlawan Montenegro. Dua tendangan keras Gerrard jelang akhir pertandingan berhasil ditepisnya. Tak ada lagi gol yang tercipta. Montenegro sukses mengamankan selisih dua angka atas Inggris. Mereka kini mengoleksi 14 poin dan dibuntuti Inggris dengan 12 poin.

Data Pertandingan:

Montenegro 1-1 Inggris (Damjanovic 76’ / Rooney 6’)

Montenegro: Mladen Bozovic; Miodrag Dzudovic, Stefan Savic, Vladimir Bozovic (Andrija Delibasic 75’), Marko Basa; Vladimir Volkov, Simon Vukcevic (Milos Krkotic 63’), Mitar Novakovic (Dejan Damjanovic 46’), Elsad Zverotic; Stevan Jovetic, Mirko Vucinic

Inggris: Joe Hart; Glen Johnson, Chris Smalling, Joleon Lescott, Ashley Cole; Michael Carrick, Tom Cleverley (Ashley Young 78’), Steven Gerrard, James Milner; Wayne Rooney, Danny Welbeck

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda