Scroll to Top

Google Tak Sudi Istilah Ungoogleable Dipakai di Swedia

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 27 Mar 2013

Google

Google dikabarkan tengah berikan tekanan pada Dewan Bahasa Swedia atas niatnya untuk memasukkan istilah ‘Ungoogleable’ dalam daftar kata baru yang akan digunakan rakyat negara Skandinavia itu. Lantas apa sejatinya makna dari ‘Ungoogleable’ ini?

Seperti diwartakan CNET News yang dikutip Rabu (27/03/13), istilah tersebut dalam Bahasa Swedia disebut ‘Ogooglebar’ yang bermakna ‘yang tidak dapat diketemukan Google di internet’. Secara sederhana istilah ‘Ungoogleable’ merujuk konten atau kata kunci yang tidak bisa ditemukan dan dicari oleh Google.

Situs Sverigesradio melaporkan jika kemarin pengacara Google menghubungi Dewan Bahasa Swedia untuk mengurungkan niatannya. Google merasa penggunaan istilah tersebut kurang adil dan menginginkan penggunaan kata lain untuk merujuk definisi yang serupa.

Bukan kali ini Google dibuat berang atas penggunaan istilah yang menciderai nama besar mereka. Tahun 2006 lalu misalnya, Google bahkan berniat menindak tegas bagi mereka yang kekeh menggunakan istilah ‘Google it’ sebagai aktivitas menelusuri sesuatu di Google.

“Kami fikir sangat penting untuk membuat sebuah perbedaan antara menggunakan kata ‘Google’ untuk mendiskripsikan Google dan dalam mencari sesuatu di internet menggunakan Google. Sebab ini miliki masalah merek dagang serius,” ujar salah satu wakili Google beberapa waktu lalu pada CNET News.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda