Scroll to Top

Skotlandia: Negara Eropa Pertama Yang Pasti Gagal Ke Piala Dunia 2014

By Wan Faizal / Published on Wednesday, 27 Mar 2013

Skotlandia

Di belantika sepakbola Eropa, pamor Skotlandia tentulah lebih besar daripada negara lain seperti San Marino, Faroe Island, Malta, maupun Andorra. Tapi di Kualifikasi Piala Dunia 2014 ini ternyata ceritanya berbeda. Disaat keempat negara minor itu masih punya peluang ke Brazil 2014, meski tipis, Skotlandia malah memastikan diri jadi negara pertama asal Eropa yang gagal lolos ke ajang terbesar sepakbola antar negara empat tahunan itu.

Di kualifikasi kali ini, Skotlandia tergabung di Grup A bersama Belgia, Kroasia, Serbia, Macedonia, serta Wales. Bisa dibilang sebenarnya kualitas skuad yang dimiliki manajer Gordon Strachan bisa bersaing dengan mereka. Tapi apa lacur, performa mereka jeblok selama babak kualifikasi ini.

Charlie Adam dkk hanya bisa meraih dua hasil seri dan empat kekalahan dalam enam laga. Mereka ada di posisi juru kunci dengan dua poin. Dengan sisa empat laga lagi, maksimal poin yang bisa diperoleh adalah 12 angka. Sialnya, jumlah itu tak cukup untuk mengejar Belgia dan Kroasia yang duduk di posisi dua teratas.

Capaian Skotlandia itu faktanya lebih buruk dibandingkan San Marino, Faroe Island, Malta, dan Andorra yang selama ini dikenal sebagai negara terlemah di sepakbola Eropa. Tengok saja San Marino. Meski punya nirpoin di Grup H, mereka masih berpotensi menyamai poin Inggris dengan catatan memenangkan empat laga sisa dengan skor telak, serta Inggris kalah di sisa laga juga dengan skor telak. Barulah San Marino punya peluang lolos ke Brazil 2014 lewat jalur play-off meski harus diakui kemungkinannya kecil.

Serbia 2-0 Skotlandia
Serbia 2-0 Skotlandia, 27 Maret 2013

Begitu juga dengan Faroe Island di Grup C. Tak punya poin sama sekali dari empat pertandingan, mereka masih berpeluang duduk di puncak klasemen andai memenangi enam laga sisa dan Jerman yang berada di posisi teratas dengan 16 poin bernasib sial.

Lima pertandingan masih dimiliki Malta di Grup B. Andai memenangkan lima laga sisa, poin mereka akan menjadi 15 dan berpotensi menggusur Italia di puncak yang punya koleksi 13 poin.

Terakhir Andorra. Mereka memang sudah tak mungkin mengejar perolehan poin Belanda yang punya 18 angka. Pasalnya, Andorra tak punya poin sama sekali dan hanya punya empat pertandingan sisa. Maksimal mereka memperoleh 12 poin dan masih bisa menyalip Hungaria di posisi dua yang punya 11 poin.

Fakta ini tentu saja seperti menampar Skotlandia. Mereka tak mampu berprestasi lebih dengan deretan pemain top yang bermain di Liga Inggris seperti Adam, Darren Fletcher, Steven Naismith, Steven Fletcher, atau Shaun Maloney.

Pembenahan dan evaluasi besar-besaran harus dilakukan oleh SFA selaku Federasi Sepakbola Skotlandia. Tentu saja agar mereka tak mengulang hasil buruk ini di Kualifikasi Piala Eropa 2016 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda