Scroll to Top

Pernikahan Harmonis Lebih Sehatkan Jantung Pasca-Operasi

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 31 Aug 2011

Pernikahan bukan sekadar ritual menyatukan dua insan yang berbeda jenis dalam naungan cinta. Ketika cinta itu makin mengharmoniskan hubungan pernikahan, maka memiliki efek terhadap kesehatan.

Apalagi, buat pasangan yang memiliki masalah jantung, pernikahan harmonis mampu membangkitkan semangat hidupnya. Efeknya, dia memiliki harapan hidup lebih lama ketimbang yang pernikahannya penuh permasalahan.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Rochester, Amerika Serikat, menemukan fakta, ada kemajuan positif dari pasien yang melakukan operasi bypass jantung dengan kondisi pernikahan yang bahagia. Pasangan lebih mendukung semangat pasien dan selalu menjaganya untuk menjaga hidup sehat.

“Pernikahan yang sehat juga mendorong pasien untuk turut menjaga diri setelah¬† melakukan operasi karena mereka memiliki alasan untuk hidup dan melayani,” ujar Prof.Kathleen King, pemimpin penelitian tersebut.

Penelitian tersebut mengatakan, 83 persen wanita dengan pernikahan bahagia yang melakukan operasi bypass jantung dapat hidup sampai 15 tahun. Sedangkan, yang pernikahannya tidak bahagia, kemampuan bertahannya hanya 28 persen. Sementara itu, yang sama sekali tidak menikah hanya 27 persen.

Bagi pria, pernikahan bahagia juga memberikan kebaikan bagi kesehatan jantungnya pasca-operasi. Persentase bertahan hidup yang sama, 83 persen, juga dimiliki pria yang pernikahannya bahagia. Tingkat bertahan hidup pria yang kurang puas dengan pernikahannya hanya 60 persen. Dan, yang tidak bahagia hanya 36 persen.

Inilah kehebatan cinta yang harmonis dalam pernikahan terhadap pasangan yang menderita masalah jantung. Sedikitnya percekcokan dan konflik dalam rumah tangga, juga mampu menghindari terjadinya peradangan pada jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda