Scroll to Top

Ada Dualisme Wakil Ketua Umum di PSSI?

By Aditya / Published on Thursday, 28 Mar 2013

klb pssi 2013

Setelah Kongres Luar Biasa (KLB) terlaksana pada tanggal 17 Maret 2013 silam, tenyata masalah yang melanda PSSI belum terselesaikan juga. Bahkan, induk sepakbola nasional ini diindikasikan terjangkit dualisme lagi. Kali ini adalah jabatan Wakil Ketua Umum PSSI yang diklaim oleh dua orang yang berbeda, yakni Farid Rahman dan La Nyalla Mattalitti.

Salah satu keputusan yang dihasilkan dalam KLB PSSI adalah mengangkat La Nyalla Mattalitti sebagai Wakil Ketua Umum PSSI. Namun, tampaknya FIFA masih mengakui Farid Rahman sebagai Wakil Ketua Umum PSSI sebagai pendamping Djohar Arifin Husin selaku Ketua Umum PSSI, sebagaimana yang tercantum pada situs resmi FIFA.

Menyikapi hal ini, La Nyalla Mattalitti langsung bereaksi. Mantan dedengkot KPSI tersebut menegaskan bahwa dirinya adalah Wakil Ketua Umum PSSI saat ini yang terpilih melalui mekanisme KLB PSSI.

“Secara de facto, saya adalah Wakil Ketua Umum PSSI yang sah. Karena itu, tidak perlu lagi ada perdebatan. Sekarang tinggal menunggu administrasinya saja,” tandas La Nyalla Mattalitti di Jakarta belum lama ini.

Pernyataan La Nyalla Mattalitti tersebut mengacu pada surat FIFA tertanggal 22 Maret 2013 yang berisi tentang penegasan bahwa FIFA hanya mengakui tiga poin hasil KLB PSSI, yaitu penyatuan kompetisi, revisi statuta, dan pengembalian 4 Exco terhukum (La Nyalla Mattalitti, Roberto Rouw, Erwin Dwi Budiawan, dan Tony Aprilani).

Padahal, di KLB PSSI juga menghasilkan sejumlah keputusan lain, yakni mengangkat La Nyalla Mattalitti sebagai Wakil Ketua Umum PSSI, skorsing terhadap 6 Exco yang walk out dari sidang, menambah 4 anggota Exco baru, dan mengagendakan penyelenggaraan Kongres Biasa PSSI pada bulan Juni 2013.

Salah seorang anggota Exco PSSI yang walk out, Sihar Sitorus, yakin bahwa FIFA tidak merestui pengangkatan La Nyalla Mattalitti sebagai Wakil Ketua Umum PSSI, melainkan masih mengakui Farid Rahman di jabatan tersebut.

“Sebelum FIFA mengesahkan notulensi KLB, Wakil Ketua Umum PSSI masih satu orang, yakni Farid Rahman, bukan La Nyalla Mattalitti,” tandas Sihar Sitorus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda