Scroll to Top

BlackBerry 10: 20% Aplikasi Berasal dari Android

By Ditya / Published on Thursday, 28 Mar 2013

BlackBerry 10

Beberapa waktu lalu BlackBerry dengan bangga menyatakan bahwa jumlah aplikasi di BlackBerry World telah mencapai lebih dari 100.000 aplikasi. Namun, ternyata 20% atau 1 dari 5 aplikasi BlackBerry 10 yang ada di BlackBerry World ini merupakan aplikasi porting dari platform pesaingnya, Android.

Hal ini tak lepas dari kemudahan dalam mem-porting aplikasi Android ke platform BlackBerry 10 dan perusahaan asal Kanada ini juga memperbolehkan hal tersebut. Tentu saja hal ini mempermudah pengembang aplikasi yang telah memiliki aplikasi di platform Android tak perlu susah payah mengembangkan aplikasinya dari nol untuk mendukung platform BlackBerry 10.

Sekitar 20.000 lebih atau 20% aplikasi Android telah berhasil porting ke platform BlackBerry 10, cukup sukses bukan? Salah seorang petinggi BlackBerry sendiri mengatakan bahwa porting aplikasi Android ke BlackBerry 10 adalah cara yang bagus untuk meningkatkan jumlah aplikasi yang tersedia untuk platform BlackBerry 10 yang baru saja meluncur akhir Januari 2013 lalu.

“Pengguna kami layak untuk memiliki konten yang besar. Jika itu adalah cara tercepat kita bisa mendapatkan beberapa konten tersebut, itu hebat,” kata Martyn Mallick, VP Global Alliance BlackBerry mengomentari porting aplikasi Android ke BlackBerry 10.

Selain memudahkan pengembang untuk menghadirkan aplikasi BlackBerry 10 melalui porting dari aplikasi Android, BlackBerry juga menggunakan kampanye pemberian insentif dan pemberian perangkat BlackBerry 10 Dev Alpha gratis pada pengembang aplikasi.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (27/03/2013), telah banyak pengembang aplikasi besar seperti WhatsApp, Facebook, Foursquare, dan lainnya telah menghadirkan aplikasi untuk BlackBerry 10. Namun, hal ini belum mampu menggoda Netflix dan Instagram untuk turut hadir di platform BlackBerry 10.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda