berenang saat haid

Haid atau menstruasi adalah siklus hormonal yang rutin terjadi pada wanita, saat lapisan selaput lendir rahim lepas dan luruh. Beberapa aktifitas berat kadang tak dapat dilakukan, sebab pada saat haid kondisi tubuh wanita cenderung menurun. Misalnya saja olahraga, bekerja terlalu keras, dan berenang.

Memang ada beberapa orang wanita yang mampu melakukan kegiatan tersebut dengan tanpa kendala, namun pada beberapa yang lainnya, kegiatan tersebut akan sangat menyiksa bila dilakukan.

Saat berenang, sebenarnya pembuluh darah akan menciut dan membuat aliran darah menjadi tak lancar dan berkurang derasnya. Ini karena suhu air yang cenderung lebih rendah dari pada suhu tubuh manusia.

Wanita yang memang harus berenang disaat sedang haid, karena profesi misalnya, dapat menggunakan pembalut atau tampon khusus yang dirancang untuk kegiatan berenang, bila itu aman bagi kesehatan tubuh dan haidnya.

Alasan mengapa berenang agak beresiko bagi wanita yang sedang haid adalah soal higienitas air kolam. Bagaimanapun orang lain pasti tak ingin berenang dalam air yang tercemar darah haid walau sedikit, bukan?

Seperti juga beresikonya melakukan hubungan seks saat seorang wanita sedang haid. Sebab saat haid leher rahim atau serviks dalam posisi terbuka dan membuatnya rentan mengalami infeksi dan penyakit endometriosis.

Jadi, tak ada salahnya menunggu hingga haid berhenti sekitar 5-9 hari, lalu Anda dapat kembali melakukan kegiatan tersebut dengan aman.

 

Sumber: female