Scroll to Top

Berapa Jumlah Pengguna yang Seharusnya Diikuti di Twitter?

By Ibnu Azis / Published on Friday, 29 Mar 2013

Twitter Blokir

Berapa banyak jumlah pengguna yang Anda ikuti di Twitter? Berapapun boleh asalkan Anda bisa memanajemen. Twitter sejatinya telah memberikan batasan, sekitar 2.000 pengguna. Men-follow banyak user miliki dampak dan resiko. Berikut diantaranya.

Pertama, timeline Anda akan deras seakan tak miliki rem. Imbasnya Anda tak bisa membaca dan menikmati tweet dari orang-orang terdekat atau pengguna yang benar-benar Anda kenal. Kicauan mereka akan terlewat tanpa Anda ketahui.

Kedua, Anda tak akan bisa enjoy lagi menikmati Twitter. Interaksi yang terjalin tidak efektif. Komunikasi yang ada hanya lewat mention dari pengguna yang me-reply tweet Anda. Ini terjadi sebab rasio follower dan following yang tidak seimbang.

Setidaknya Anda harus memertahankan rasio 1:1, mengikuti jumlah pengguna yang tidak lebih besar atau setidaknya berimbang dari pengguna yang mengikuti Anda. Bilamana terlanjur terjadi kasus di atas, apa yang harus dilakukan?

Setidaknya ada tiga hal yang bisa Anda lakukan. Tiga langkah ini bisa dijadikan rujukan bilamana Anda sudah tak nyaman lagi berkicau dengan derasnya timeline yang mengalir.

Pertama, buatlah list. Daftar ini isi dengan pengguna-pengguna yang Anda kenal, akrab, atau pengguna yang memang Anda ingini tweet-nya dibaca. List ini nantinya akan mengelompokkan kicauan beberapa pengguna dalam satu ruang. Mirip timeline mini namun dengan pengguna terpilih.

Kedua, unfollow pengguna yang tak dikenal. Cara ini kejam namun efektif. Jika memang tak sudi membaca tweet mereka mengapa harus diikuti? Logis bukan. Anda bisa mencoba layanan TwitterFilter untuk unfollow missal.

Ketiga, jika tak tega meng-unfollow mereka ‘diamkan’ saja pengguna tersebut. Namun cara ini miliki kelemahan, fitur ‘mute’ pengguna hanya tersedia di aplikasi mobile. Sebut saja UberSocial, SocialScope, Tweetboot, Tweetcater, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda