Scroll to Top

Google Stree View Sambangi Kota Hantu Fukushima

By Ibnu Azis / Published on Friday, 29 Mar 2013

Fukushima 1

Setelah menjamah gunung tertinggi di dunia Everest, kini Google Street View lakukan gebrakan lain. Layanan pemetaan visual digital ini sambangi Fukushima, sebuah wilayah ‘kota hantu’ yang terkena radiasi nuklir pasca tragedi tsunami Jepang beberapa waktu yang lalu.

Mengapa disebut sebagai ‘kota hantu’? Sebab selang dua tahun berlalu sejak tragedi bencana tersebut tak ada yang diperbolehkan masuk ke wilayah tersebut. Namun Tamotsu Baba Walikota Namie-machi kini menyediakan akses bagi siapa saja yang ingin melihat sekilas kondisi kota ini.

“Dua tahun telah berlalu sejak bencana, namun orang-orang masih tak dipersilakan masuk Namie-machi. Banyak warga kota pengungsi telah meminta melihat keadaan kota mereka dan orang diseluruh dunia pasti menginginkan sensasi bagaimana kecelakaan nuklir yang mengubah kehidupan kota ini,” ujarnya.

Google Car Fukushima

Namie-machi adalah sebuah kota kecil yang ramai penduduk dekat pabrik nuklir di Fukushima. 11 Maret 2011 lalu keadaan berubah drastis tatkala gempa besar yang diikuti tsunami meluluhlantahkan kota itu dan infrastruktur pabrik. Imbasnya limbah berbahaya bocor dan mengalir ke tanak sekitar.

Reruntuhan bangunan, jalan-jalan kosong sepi, dan kapal nelayang yang terdampar terpotret dengan baik oleh Google Street View. Google menangkap ribuan citra satelit di lokasi-lokasi terpencil.

Google Maps seakan telah membawa netizen berwisata di wilayah-wilayah yang paling sulit dijangkau manusia. Everest, Kilimanjaro, Aconcagua, dan Elbrus adalah salah satunya. Google Maps juga memetakkan wilayah terpencil di Amazon pun juga wilayah-wilayah tertentu di Kutub Utara dan Kutub selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda