Scroll to Top

Windows Blue: Akhir dari Desktop Environment?

By Ditya / Published on Friday, 29 Mar 2013
Desktop
Desktop Environment Windows 8

Update besar Windows 8 yang tengah disiapkan Microsoft dengan nama sandi Windows Blue ini diperkirakan menjadi sebuah tanda berakhirnya desktop environment atau modus desktop di masa depan. Hal ini diperkuat oleh fakta bahwa Windows Blue hanya memperbaiki antarmuka Metro saja.

Sejauh ini, sudah beberapa kali screenshot dan bocoran Windows Blue telah beredar di internet dan membeberkan berbagai fitur baru yang diusung oleh Windows Blue. Namun, hampir semua fitur baru tersebut adalah datang untuk Metro Style UI dan bukan untuk desktop environment atau modus desktop seperti pada gambar di atas.

Semua fitur baru yang datang di Windows Blue ini berusaha membuat pengguna betah menggunakan Metro Style UI. Tak hanya itu, Microsoft juga akan menghadirkan aplikasi Office dengan nama sandi Gemini yang menghadirkan aplikasi kantoran yang lebih ramah pada sentuhan serta dapat berjalan di Metro UI.

Hal ini akan membuat pengguna dapat melakukan banyak hal tanpa harus masuk ke modus desktop. Setelah banyak pengguna nyaman dengan menggunakan Metro UI seiring bertambahnya aplikasi yang berjalan di antarmuka ubin tersebut, Microsoft mungkin akan mengakhiri dukungan atau menghilangkan desktop environment.

Namun, hal ini hanyalah sebuah spekulasi dari berbagai pihak dengan menghubungkan dengan fakta mengenai fitur baru yang dibawa oleh Windows Blue. Microsoft sendiri telah mengkonfirmasi kehadiran Windows Blue dan kabarnya akan diperkenalkan di ajang Microsoft Build Conference pada bulan Juni mendatang.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone (28/03/2013), sampai saat inimemang tak ada pernyataan atau komentar Microsoft mengenai nasib desktop environment atau tampilan desktop di sistem operasi Windows masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda