Scroll to Top

Inilah Tim Terbaik Liga Inggris Musim Ini

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 19 May 2011

Liga Inggris musim ini telah berakhir dengan keberhasilan Manchester United mereguk juara untuk ke-19 kalinya. Tak salah kalau kemudian PFA (Professional Footballers’ Association) menyusun tim all stars Liga Inggris, Premier League Team of the Year. Tidak hanya itu saja, PFA juga memberikan empat penghargaan khusus, yaitu PFA Player of the Year (Pemain Terbaik), PFA Young Player of the Year (Pemain Muda Terbaik), dan PFA Fans Player of the Year (Pemain Terbaik versi fans).

 

Didominasi Manchester United dan Arsenal

Sebagai juara liga, MU menyetor empat pemainnya dalam tim all stars versi PFA. Penjaga gawang Edwin van der Sar yang meski berusia 40 tahun masih kokoh di depan gawang menjadi pemain pertama MU yang masuk dalam daftar ini. Tidak lupa ada bek Nemanja Vidić yang menjadi palang pintu tertangguh. Selanjutnya, gelandang lincah Portugal yang sempat mencetak gol kontroversial kala menghadapi Tottenham Hotspur, Nani, mengisi posisi sayap kanan. Terakhir, nama striker Dimitar Berbatov yang sempat mencetak quintrick (5 gol) kala MU berpesta menggasak Blackburn Rovers 7-1 di Old Trafford, turut dicantumkan.

Arsenal menyusul MU dengan menyodorkan tiga pemain. Pertama, Bacary Sagna di posisi bek kanan. Berikutnya, duo gelandang maut, Samir Nasri dan plus Jack Wilshere masing-masing menempati posisi gelandang serang dan gelandang bertahan.

Manchester City, tim yang jor-joran membeli pemain bintang sejak bursa transfer dibuka musim panas lalu, mendapat kehormatan dengan dicantumkannya nama dua pemain mereka. Pertama, adalah Vincent Kompany, back sentral mereka yang membuat The Citizens cuma terbobol 33 gol. Berikutnya, Carlos Tevez masuk di posisi striker. Torehan 20 gol Tevez di liga musim ini menjadi acuannya.

Tim lain yang mencantumkan nama pemainnya ke dalam PFA Premier League Team of the Year adalah Chelsea dan Tottenham. Keduanya masing-masing menyetor 1 pemain. Ashley Cole yang sukses membawa Chelsea menjadi tim tersedikit kebobolan (32 gol) menempati posisi bek kiri. Tepat di depannya, di posisi sayap kiri, terdapat nama Gareth Bale, pemuda ajaib dari Wales.

Secara lengkap, formasi Premier League Team of the Year adalah sebagai berikut.

Kiper: Edwin Van der Sar (Manchester United)

Bek: Bacary Sagna (Arsenal, kanan) Nemanja Vidic (Manchester United, tengah), Vincent Kompany (Manchester City, tengah) dan Ashley Cole (Chelsea, kiri)

Gelandang: Nani (Manchester United, kanan), Samir Nasri (Arsenal, tengah), Jack Wilshere (Arsenal, tengah), dan Gareth Bale (Tottenham Hotspurs, kiri)

Striker: Dimitar Berbatov (Manchester United), Carlos Tevez (Manchester City)

 

Gelar Lain

Selain menyusun tim terbaik, PFA juga memberikan empat penghargaan. Gareth Bale yang melewati musim sensasional dengan Tottenham Hotspurs didapuk sebagai PFA Player of the Year. Bale tidak hanya sukses mengantar Spurs melangkah ke perempat final Liga Champions, ia juga tampil konsisten sepanjang musim. Salah satu aksi terbaiknya tentu kala mencetak hattrick ke gawang Inter Milan di babak penyisihan grup meski Spurs kalah 4-3.

Sementara itu, gelandang berusia 19 tahun, Jack Wilshere, menjadi pemain muda terbaik. Wilshere yang membawa Arsenal mencapai final Piala Liga, tercatat 43 kali menjadi starter The Gunners dan bermain total 48 kali untuk klub yang bermarkas di Emirates Stadium tersebut; pemain yang paling banyak bermain untuk Arsenal.

PFA juga menobatkan gelandang plontos Liverpool, Raul Meireles sebagai Pemain Terbaik versi fans. Terakhir, gelandang energik West Ham, Scott Parker menerima hadiah sebagai FWA Footballer of the Year, gelar yang dihasilkan dari vote sekitar 400 jurnalis sepakbola di Inggris.

2 thoughts on “Inilah Tim Terbaik Liga Inggris Musim Ini”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda