timnas indonesia arab saudi sergio van diijk hamka hamzah

Usai menelan kekalahan dari Arab Saudi dengan skor 1-2 pada laga kedua di ajang Pra Piala Asia 2015 yang telah dilangsungkan hari Sabtu pekan lalu, Timnas Indonesia baru akan melakoni pertandingan berikutnya tanggal 15 Oktober 2013 mendatang, yakni melawan Cina. Sebelum menghadapi tim Tirai Bambu, Timnas Indonesia dijadwalkan akan melakoni sejumlah laga ujicoba.

Manajer Timnas Indonesia, Habil Marati, menyatakan bahwa Timnas Indonesia yang kini diasuh oleh Luis Manuel Blanco bakal menjajal 6 negara dari berbagai benua sebagai lawan tanding di laga ujicoba yang akan digelar mulai April hingga Oktober 2013.

“Kami sudah bicarakan dengan Ketua BTN Isran Noor, bahwa timnas harus melakukan ujicoba karena timnas akan menghadapi Cina Oktober nanti. Kami sudah melakukan komunikasi dengan banyak negara untuk menjadi lawan tanding timnas,” beber Habil Marati di Jakarta belum lama ini.

Rencananya, Sergio van Dijk dan kawan-kawan akan menghadapi Benin pada tanggal 27 April 2013. Bulan Mei 2013, giliran Korea Selatan yang bakal menjadi lawan tanding pasukan Garuda. Setelah itu, Timnas Indonesia akan menjamu tim kuat timnas Belanda pada Juni 2013.

Berikutnya adalah negara-negara dari Amerika Selatan yang diupayakan menjadi lawan ujicoba bagi Timnas Indonesia, yaitu Paraguay pada tanggal 11 Juni 2012, Cile pada tanggal 14 Agustus 2013, dan terakhir adalah Ekuador pada tanggal 8 Oktober 2013.

“Setelah itu, kemudian timnas akan menghadapi Cina. Ini sangat bagus untuk mempersiapkan tim, agar kekuatan timnas makin kuat,” ujar Habil Marati.